300 Orang Peserta Pangkak Gasing Meriahkan HUT Desa Tebas Kuala

Editor: Redaksi

 

Kades Tebas Kuala Hemi Susanto memainkan gasing dalam pembukaan lomba pangkak gasing di desa Tebas Kuala


Sambasnews.com (TEBAS)-Dalam rangka memperingati hari ulang tahun desa Tebas Kuala kecamatan Tebas kabupaten Sambas yang ke-94, digelar lomba pangkak gasing oleh desa Tebas Kuala yang mulai digelar Jum'at (15/10).

Kepala desa Tebas Kuala, Hemi Susanto mengatakan pembukaan lomba gasing secara resmi telah di buka dan akan berlangsung hingga babak akhir.

"Lomba pangkak gasing digelar dalam rangka memeriahkan peringatan HUT desa Tebas Kuala, dan lomba pangkak gasing sudah dibuka secara resmi oleh anggota DPRD kabupaten Sambas, Bapak Bagus Setiadi Jumat malam," ujar Hemi Susanto, Senin (18/10).

Hemi mengungkapkan lomba pangkak gasing terbagi dalam dua katagori, terdiri dari Pangkak dan Berindu.

"Jumlah peserta sebanyak 60 grup dari Kecamatan Tebas, Semparuk, Pemangkat Selakau dan kecamatan Salatiga, dan setiap grup atau kelompok ini berjumlah lima orang. Sehingga total peserta yang ikut dalam lomba pangkak gasing di desa Tebas Kuala mencapai 300 orang dan semua katagori tingkat dewasa," ungkap Hemi.

"Dan waktu pelaksanaan sesuai dengan kelompok sebanyak 60 kelompok, diperkirakan akan berlangsung selama 30 hari," ucap Hemi.

Dikemukakan oleh Hemi, permainan pangkak gasing merupakan permainan rakyat yang sudah turun temurun dan dilestarikan. Untuk itu ia sangat mengapresiasi lomba yang digelar oleh panitia lomba pangkak gasing desa Tebas Kuala.

"Dan melalui lomba pangkak gasing yang digelar, kita berupaya melestarikan permainan pangkak gasing. Karena jika kita lihat, permainan ini sudah banyak diminati masyarakat. Ini terbukti dari keberadaan sejumlah komunitas pangkak gasing dari sejumlah desa, dan keikutsertaan peserta dalam lomba gasing yang digelar desa Tebas Kuala," jelas Hemi Susanto.

"Atas terselenggaranya kegiatan pangkak gasing, kita mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD kabupaten Sambas Bagus Setiadi atas dukungan yang diberikan. Juga kepada panitia pelaksana lomba, serta para peserta yang ikut berpartisipasi. Mari kita jaga kebersamaan, sportifitas dan raih prestasi. Dan selamat bertanding kepada para peserta," kata Hemi Susanto.


Share:
Komentar

Berita Terkini