Ketua Dekranasda Sambas Tutup Pelatihan Serat Alam di Sempalai

Editor: Redaksi

 

Ketua Dekranasda Sambas Hj Yunisa Satono saat menutup pelatihan serat alam di desa Sempalai Kecamatan Tebas, Kamis (2/11/2023).

Sambas - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sambas Hj Yunisa Satono, mengapresiasi pelatihan serat alam yang digelar oleh Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sambas, di desa Sempalai Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas, Kamis (2/11/2023).

Yunisa yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Sambas, dalam penutupan kegiatan tersebut didampingi oleh, Anggota DPRD Kabupaten Sambas Bui Kiong, Sekretaris Dinas Kumindag Kabupaten Sambas, Purtiko Eldiyanto, Kepala Bidang Usaha Mikro Diskumindag Uray Dini Arini serta Sekcam Tebas Alpian.

Menurut Yunisa, kegiatan pelatihan serat alam merupakan kolaborasi pemerintah kabupaten Sambas melalui Dinas Kumindag Kabupaten Sambas bersama Dekranasda Kabupaten Sambas.

"Pelatihan serat alam yang diikuti oleh ibu-ibu PKK desa Sempalai Kecamatan Tebas merupakan sinergitas dan kolaborasi antara Dekranasda dan Dinas Kumindag Kabupaten Sambas, terimakasih kepada Diskumindag dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini," ujar Yunisa, Kamis (2/11/2023).

Dia menjelaskan, serat alam yang digunakan dalam pelatihan tersebut merupakan bahan baku yang berasal dari alam yang dengan mudah didapatkan di desa Sempalai.

"Bahan baku dalam kegiatan pelatihan serat alam tersebut, sebelumnya tidak digunakan sama sekali. Bahkan tumbuhan liar berupa eceng gondok dan bahan lainnya sering dimusnahkan karena dianggap gulma," katanya.

Namun lanjut Yunisa, melalui pelatihan kali ini, potensi alam tersebut dapat dimanfaatkan menjadi bahan anyaman yang dapat digunakan sebagai perhiasan dan wadah yang bermanfaat.

"Mudah-mudahan kegiatan seperti dapat terus berlanjut, agar dapat mendukung apa yang menjadi visi dan misi pemerintah kabupaten Sambas," jelas Yunisa.

"Didalam sembilan program unggulan Pemerintah Sambas Berkemajuan, terdapat salah satunya adalah one village one produk (OVOP). Dan kegiatan pelatihan serat alam yang dilakukan ini merupakan implementasi kami dari Dekranasda mendukung salah satu program unggulan tersebut berupa OVOP," sambungnya.

Yunisa berharap apa yang telah dihasilkan oleh ibu-ibu PKK desa Sempalai Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas, dapat menjadi produk unggulan dari desa Sempalai.

"Dengan adanya produk dari ibu-ibu PKK berupa hasil anyaman dari serat alam ini, dapat menjadi produk unggulan dari desa Sempalai Kecamatan Tebas," kata Yunisa.

Sementara Sekretaris Dinas Kumindag Kabupaten Sambas, Purtiko Eldiyanto mengatakan, dari pelaksanaan pelatihan serat alam yang dilakukan selama empat hari terakhir dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya.

"Dari pelatihan yang telah dilaksanakan, diharapkan kedepannya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui kreativitas yang didapat dari pelatihan," katanya.

Menurut Purtiko, potensi alam yang terdapat di desa Sempalai dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Kami berharap apa yang dihasilkan oleh ibu-ibu PKK, dapat dipasarkan sebagai mana yang diharapkan. Ini juga bentuk pemberdayaan sumber daya manusia yang ada di desa Sempalai Kecamatan Tebas," katanya.

Untuk diketahui, Dinas Kumindag Kabupaten Sambas telah menggelar pelatihan serat alam yang diikuti oleh anggota TP PKK desa Sempalai Kecamatan Tebas. Pelatihan dengan narasumber dari Formekers Indonesia dan Lembaga Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Institut Seni Indonesia Yogyakarta di gelar sejak 30 Oktober hingga 2 Nopember 2023.

Dalam pelatihan tersebut, para peserta mengolah serat dari alam yang kemudian dijadikan aneka kerajinan anyaman yang punya nilai jual.

Share:
Komentar

Berita Terkini