Enam Sasaran Fisik TMMD 2019 Di Sajad

Editor: redaksi


Rakornis TMMD dihadiri bupati Sambas Atbah Romin Suhaili 

Sambasnews.com (Pontianak) -Pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa TNI Angkatan Darat ke 106 Tahun Anggaran 2019 di Kalimantan Barat dijadwalkan pada Oktober 2019.

Kabupaten Sambas patut bersyukur, dari 14 Kabupaten Kota, Tahun ini, Bumi Sambas Berkah menjadi satu dari dua Kabupaten di Kalbar yang menjadi sasaran TMMD ke 106 tahun anggaran 2019. Selain kabupaten Sambas, Kabupaten lain di Kalbar yang menjadi sasaran TMMD adalah Kapuas Hulu.

Guna memantapkan pelaksanaan TMMD di Wilayah Teritorial Kodam XII Tanjungpura, telah digelar Rapat Koordinasi Teknis di Markas Kodam XII Tpr, Kamis (12/9) kemarin.

Rakornis dimaksud dilaksanakan dengan Video Conference bersama Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup, Asisten Teritorial KSAD TNI dan seluruh jajaran Kodam yang ada di Indonesia.

Dari gelaran Rakornis, didapati ada 6 sasaran fisik untuk pelaksanaan TMMD di Kab Sambas. Diungkapkan Dandim 1202 Skw Letkol Arm Victor Jacob Lucas L SSos saat memaparkan kesiapan gelaran TMMD di Kabupaten Sambas, 6 sasaran fisik tersebut terkonsentrasi di dua desa di kec Sajad.

"Sasaran TMMD ke 106 Tahun Anggaran 2019 kali ini dipusatkan di Kabupaten Sambas dan Kapuas Hulu untuk Wilayah Kalbar. Di Kabupaten Sambas, kita pusatkan di Kecamatan Sajad yakni di desa Mekar Jaya dan Desa Jirak," ujar dia.

Adapun 6 sasaran fisik diungkapkan Victor yaitu pembangunan jalan sepanjang 2 kilometer, pembangunan jembatan 4x4 meter sebanyak 1 unit, pembangunan jembatan 2x3 meter sebanyak 4 unit, pembangunan jalan rabat beton dengan ukuran 1,5 meter kali 160 meter. 4 sasaran fisik diatas lanjut dia berada di desa Mekar Jaya.

"Dua sasaran fisik lainnya kita arahkan ke desa jirak. Yakni pembangunan pagar dan teras musholla Ar Rahma Jirak dan pembangunan penampung air di masjid Al Munawarah Desa Jirak," tutur dia.

Selain menyasar program pembangunan fisik, TMMD kali ini tambah Dandim juga menyiapkan pembangunan non fisik. Yakni berupa penyuluhan-penyuluhan. Untuk petugas penyuluhan, sebut dia, menggandeng instansi yang ada dijajaran pemerintah daerah.

"Kita akan adakan penyuluhan wawasan kebangsaan, kamtibmas, cekal tangkal radikalisme, bahaya narkoba, pertanian, keluarga berencana maupun penyuluhan kesehatan lingkungan. Tentunya untuk penyuluhan kita melibatkan yang ahlinya dari instansi terkait pemda," terang dia.

Bupati Sambas H Atbah Romin Suhaili Lc MH menyebutkan, sasaran TMMD selaras dengan visi misi kabupaten Sambas. Dia menghubungkan kegiatan penyuluhan dengan visi pembangunan daerah, memiliki korelasi yang jelas.

"Alhamdulillah Kabupaten Sambas mendapat kepercayaan dan menjadi sasaran dari TMMD ini. Tentunya ini sangat baik mendukung visi misi pembangunan di Kab Sambas," jelas dia.

Atbah mengatakan, sasaran pembangunan fisik TMMD kali ini sudah senada dengan harapan dia membuka akses masyarakat kecamatan Sajad menuju lokasi gunung senujuh.

Dia berharap, warga yang ingin menikmati mancing di area sungai senujuh bisa menggunakan mobil kedepannya.

"Terutama akses jalan dan jembatan yang dibangun, insyaAllah akan membuka akses dan kemudahan menuju daerah senujuh. Ini sangat sesuai harapan saya, walaupun dalam pekerjaan TMMD kali ini belum bisa mengakomodir hingga ke titik senujuh. Kedepannya akan terus kita manajemen agar akses ini bisa terealisasi dengan baik," sebut Bupati. (Jp)
Share:
Komentar

Berita Terkini