Polres Sambas Launching Smart SIM

Editor: redaksi

Kapolres Sambas serahkan Handphone kepada Bhabinkamtibmas dalam syukuran dan launching smart SIM di Polres Sambas Senin

Sambasnews (SAMBAS) -Menindaklanjuti pemberlakuan smart Surat Izin Mengemudi (SIM) yang di launching oleh Korp Lalu Lintas Polri kemarin, Polres Sambas juga mulai akan memberlakukan smart SIM dikabupaten Sambas.

Kapolres Sambas AKBP Permadi Syahids Putra mengatakan jika smart SIM, juga sudah mulai akan diberlakukan dikabupaten Sambas. Peluncuran smart SIM oleh Polres Sambas, dilaksanakan dalam acara syukuran hari Lalu Lintas Bhayangkara yang ke 64 di Polres Sambas, Senin.

"Kegunaan smart SIM ini banyak, ini sudah terintegrasi dengan Dukcapil. Terintegrasi dengan elektronik money, jadi bisa untuk dipakai bayar tol, dan sebagainya. Dibawa kejakarta sudah bisa digunakan," ujar Permadi Syahids Putra, Senin.

Dijelaskan oleh Kapolres jika didalam smart SIM, juga terdapat data mengenai pemegang smart SIM. Juga katanya data terkait pelanggaran oleh pemegang SIM.

"Data pengemudi sudah ada disini, dengan nanti tinggal ditempelkan pada alat tertentu itu sudah muncul. Keluar jumlah pelanggaran yang ia lakukan, jumlah tilang yang dia dapat itu nanti muncul semua dalam smart SIM  ini," jelas Kapolres.

Kapolres mengungkapkan karena saat ini smart SIM masih dalam tahap sosialisasi, tentu SIM yang ada atau yang lama masih bisa digunakan.

"Nanti apabila sudah diumumkan kepada masyarakat, pemegang SIM ini dapat memperpanjang menggunakan smart SIM merubah SIM biasa kepada smart SIM," katanya.

Sementara Kasat Lantas Polres Sambas AKP Andika Yudistira Maeyasa Dezchy mengatakan, terdapat keunggulan smart SIM dari SIM biasa yang dipakai selama ini.
"Hari ini kita Polres Sambas sudah melaksanakan Launching smart SIM, dimana dari korlantas sudah menerbitkan SIM baru berupa smart SIM. Banyak keunggulan dari smart SIM dari SIM yang lama. Keunggulan berupa bisa sebagai elektronik money, juga data-data pengendara juga sudah terintegrasi dengan dukcapil. Data-data forensik juga, jadi kalau ada pelanggaran maupun tindak pidana dapat dilihat melalui smart SIM ini," kata Kasat Lantas. (Gindra)
Share:
Komentar

Berita Terkini