Kolam Biru Selakau Tua Potensi Wisata Selakau Timur

Editor: redaksi

Pintu masuk Kolam biru 

Sambasnews.com (SELAKAU TIMUR)- Keberadaan kolam biru yang terdapat didesa Selakau Tua kecamatan Selakau Timur kabupaten Sambas sejak 6 bulan terakhir makin dikenal oleh masyarakat kabupaten Sambas, bahkan mulai dikenal dan dikunjungi oleh pengunjung dari luar kabupaten Sambas.

Pengunjung dari kota Pontianak dan kabupaten Mempawah, dikabarkan juga pernah mengunjungi tempat wisata baru dikabupaten Sambas ini.

Kolam Biru, demikian masyarakat setempat menyebutnya. Terletak dilokasi berbukit, di dusun Gemuruh desa Selakau Tua kecamat Selakau Timur ini ramai dikunjungi oleh pengunjung lokal dan pengunjung luar daerah pada akhir pekan.

Kolam biru ini dikelilingi oleh perkebunan kelapa Sawit milik masyarakat. Berdasarkan keterangan warga setempat jika kolam biru ini terbentuk, berasal dari adanya bekas aktivitas pertambangn emas rakyat yang menyisakan lubang-lubang besar menyerupai bentuk kolam atau danau.

Kolam biru juga memiliki air yang jernih berwarna biru, dengan pemandangan disekeliling kolam berupa pepohonan yang terlihat hijau.

Suasana sejuk dan nyaman dirasakan disaat pengunjung berteduh dipondok yang menjual makanan dan minuman.

Saat ini pengunjung bisa menikmati pemandangan air kolam biru yang menyejukkan mata dari atas ketinggian perbukitan.
Pemandangan kolam biru di Selakau Tua kecamatan Selakau Timur kabupaten Sambas (foto, Radiman) 


Menurut penjaga loket kolam Subartion, jika pengunjung tidak diperbolehkan mandi karena bisa membahayakan keselamatan pengunjung itu sendiri.

Kondisi jalan menuju kolam yang masih belum teraspal, diharapkan oleh Subartion agar pemerintah daerah dapat membantu hal tersebut.

"Pembangunan berupa pengaspalan jalan menuju lokasi kolam, agar pengunjung bisa lebih mudah dan cepat tiba ditempat tujuan," kata Subartion.

Selain itu dirinya juga berharap, ada kerjasama dengan pihak yang berkeinginan memajukan pariwisata di kecamatan Selakau Timur.

"Harapan kita bisa menjalin kerjasama dengan BUMDes Selakau Tua, terutama untuk membangun fasilitas yang dibutuhkan oleh sebuah destinasi wisata yang nyaman dan aman," harapnya.



Penulis : Radiman
Editor    : Gindra
Share:
Komentar

Berita Terkini