Hadiri Pelantikan Ketua Apdesi, Bupati Ajak Kades Tanggap Korona

Editor: Redaksi author photo
Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili

Sambasnews.com (TEBAS)-Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili, menghadiri Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pengurus Dewan pimpinan cabang (DPC) Asosiasi perangkat desa seluruh Indonesia (Apdesi) kabupaten Sambas periode 2020-2025. Kegiatan yang dilaksanakan Kamis, di gedung serbaguna Tebas, juga dirangkai dengan deklarasi tanggap korona oleh seluruh kepala desa Se-kabupaten Sambas.

Bupati dalam kesempatan tersebut meminta kepala desa, agar dapat mensosialisasikan pencegahan virus korona kepada masyarakat didesa mereka masing-masing.

"Kepala desa dalam hal ini wajib menyampaikan sampai ke level paling bawah ke ketua RT bahkan rumah rumah tentang virus Covid19, supaya masyarakat kabupaten Sambas terbebas terlepas terhindar dari virus Covid19, yang tidak ada manfaatnya. Saya berharap kades mensosialisasikan kepada masyarakat desa, kita tidak ingin Sambas terpapar korona," ujar Bupati, Kamis.

Terhadap Apdesi Bupati mengaku bangga, karena mempunyai fungsi sebagai sarana memajukan desa.

"Kami sangat bangga Apdesi memiliki visi dan fungsi yang sangat mulia, salah satunya adalah bahwa Apdesi punya fungsi sebagai sarana untuk berkomunikasi diantara sesama. Sebagai sarana untuk memfasilitasi seluruh aparat desa, sebagai sarana untuk berkomunikasi, sarana untuk advokasi bersama, sarana berjuang bagaimana kita memajukan desa masing-masing," papar Bupati.

Fungsi yang juga sangat mulia lanjut Atbah, adalah fungsi kemitraan. Dalam hal ini sebut Bupati Apdesi adalah mitra semuanya. Mitra pemerintah daerah, LSM.

"Fungsi kemitraan terus kita sebar, dimana-mana karena kita ingin berteman dan bersahabat dengan siapapun. Juga mitra aparat penegak hukum, mitra seluruh masyarakat yang ada didesa," kata Bupati.

Atbah juga mengingatkan para kepala desa yang tergabung dalam Apdesi, untuk selalu menjaga kekompakan.

"Dengan adanya organisasi semacam ini, kita berharap kita semakin kompak. Bisa membangun kekompakan, mampu membangun keteduhan dan ketenangan dalam organisasi dan jangan ada konflik internal, pertemanan tidak boleh ada konflik," harap Atbah.

Kepala desa juga diharapkan oleh Bupati Sambas, untuk dapat saling mengingatkan sesama kepala desa. Sehingga bisa saling menjaga antara satu dengan yang lainnya.

"Saya berharap Kepala desa meningkatkan sikap solidaritas, saling mengingatkan, jika ada penyelewengan untuk saling mengingatkan agar tidak melakukan penyelewengan. Jangan sampai diambil alih penegak hukum, agar saudara kita betul-betul kita jaga.
Saya harap kita bersemangat melakukan pembangunan didesa masing-masing," harap Bupati.

Sementara ketua Apdesi kabupaten Sambas, Khalid mengatakan dalam memajukan organisasi Apdesi akan terlebih dahulu memprioritaskan pengadaan sekretariat Apdesi kabupaten Sambas.

"Apdesi kabupaten Sambas belum mempunyai sekretariat, untuk itu upaya pertama yang akan kita lakukan menghadirkan sekretariat Apdesi kabupaten Sambas," katanya.

Share:
Komentar

Berita Terkini