Apdesi Sambas dan Kubu Raya Kunjungi Kayong Utara

Editor: Redaksi

 




Sambasnews.com (KAYONG UTARA)- Asosiasi perangkat desa seluruh Indonesia (Apdesi) kabupaten Sambas melakukan kunjungan kerja ke kabupaten Kayong Utara, kunjungan kerja kali ini dilakukan bersama dengan Apdesi Kubu Raya.

Ketua Apdesi kabupaten Sambas, Khalid H Sabli mengatakan kedatangan rombongan Apdesi Sambas dan Kubu Raya disambut tabuhan tahar, oleh Apdesi Kayong Utara sejurus tiba di pelabuhan Sukadana.

"Jumat 26 maret 2021, pukul 14:00 Wiba Apdesi Sambas dan Kubu Raya tiba di pelabuhan sukadana kab kayong utara, setelah menempuh perjalanan selama 4 jam dari pelabuhan Rasau Jaya Pontianak menggunakan speed boat menuju pelabuhan Sukadana," ujar Khalid, Sabtu dihubungi di Kayong Utara.

Kunjungan kerja Apdesi Sambas selama 4 hari ke Kayong Utara sebut Khalid, selain menjalin silaturahmi juga untuk mengetahui tata kelola desa di kabupaten Kayong Utara.

"Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Apdesi Kayong Utara, atas sambutan yang begitu meriah yang di suguhkan oleh Apdesi Kayong Utara. Di mulai dari tabuh tahar, sampai pengalungan kain tenun khas kayong utara," kata Khalid. 

"Kunjungan kerja ini di laksanakan mulai tgl 26-29 Maret 2021, kita dari kabupaten Sambas menghadirkan 8 orang pengurus Apdesi dalam kunjungan kerja ini," jelas Khalid.

Wakil sekretaris 1 Apdesi Kabupaten Sambas, Hemi Susanto yang turut hadir dalam Kunker tersebut mengatakan jika tujuan kunjungan kerja ini adalah menjalin silaturahmi antara Sambas, Kubu Raya, dan Kayong Utara.

"Dalam kegiatan ini juga dilakukan study banding pengelolaan keuangan desa, BPJS Perangkat desa, penerapan aplikasi Siskeudes, Sipades, CMS, juga pengelolaan BUMDes," terang Hemi. 

"Juga guna mempelajari Peningkatan PADES dan desa wisata di Kayong Utara," sebutnya.

Dikemukakan oleh Hemi, berdasarkan jadwal dari panitia dalam hal ini Apdesi Kayong Utara, rombongan Apdesi Sambas dan Kubu Raya akan menginap di hotel mahkota Kayong Utara., "Rangkaian kegiatan telah dilaksanakan meliputi pembukaan kegiatan Kunker di buka oleh bupati Kayong Utara. Kemudian kita juga berkunjung ke makam Ratu Soraya, Pantai Mutiara, Pantai Pulau Datok, Masjid Oesman Al Khair, Aik Paoh, juga mancing ikan di pulau juante. Selaku itu juga dijadwalkan mengunjungi air terjun Lubuk Bengkik, dan bendungan air begasing," ungkap Hemi.

"Kemudian pada malam hari ini jadwalnya ramah tamah di pendopo Bupati Kayong Utara, tentu kami berharap silaturahmi ini tetap berlanjut dan kami juga nantinya siap untuk menerima kunjungan Apdesi Kayong Utara ke kabupaten Sambas," kata Hemi.



Sementara Ketua DPK Apdesi Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Musa SH mengatakan, kehadiran pihaknya di Kayong Utara juga dalam rangka melaksanakan studi banding.

Dalam kunjungan tersebut, Apdesi Kubu Raya mengutus 17 orang kepala desa, 5 orang Karang Taruna, Camat Sungai Raya, juga Kepala inspektorat Kubu Raya. "Sehingga dari Kabupaten Kubu Raya sebanyak 24 orang, kami mengucapkan terima kasih atas sambutan luar biasa. Kehadiran kita di bumi bertuah ini di sambut oleh bapak Bupati Drs Citra Duani , Sekda Kayong Utara, Wakil Ketua DPRD, serta SKPD Kayong Utara, dan pengurus Apdesi Kayong Utara," tutur Musa. 


Rilis: Apdesi Sambas

Share:
Komentar

Berita Terkini