Pengolahan Hasil Ikan IRT di PPN Pemangkat Bantu Pendapatan Keluarga

Editor: Redaksi

 

Ibu rumah tangga di desa Penjajap kecamatan Pemangkat melakukan pengolahan hasil ikan di PPN Pemangkat

Sambasnews.com (PEMANGKAT)-Sumber daya alam berupa ikan yang berlimpah yang berhasil didaratkan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pemangkat Kabupaten Sambas Kalimantan Barat, dimanfaatkan oleh kalangan ibu rumah tangga (IRT) dengan cara diolah menjadi produk olahan hasil perikanan.

Sehingga dari aktifitas yang dilakukan oleh para ibu rumah tangga di area PPN Pemangkat, telah berhasil meningkatkan ekonomi keluarga mereka.

Adanya pengolahan hasil perikanan disebutkan oleh Humas PPN Pemangkat, Takbir, berhasil meningkatkan perekonomian keluarga dari pengrajin hasil perikanan di PPN Pemangkat.

"Produksi dari hasil perikanan di PPN Pemangkat ini kebanyakan dilakukan oleh ibu rumah tangga, dan pengakuan mereka adanya pengolahan hasil perikanan di PPN Pemangkat berhasil mendongkrak tingkat ekonomi ibu-ibu rumah tangga tersebut," ujar Takbir, Kamis.

Takbir mengungkapkan berkat adanya produksi hasil perikanan di PPN Pemangkat, semua hasil ikan dapat dimanfaatkan.

"Dari cerita pengrajin ikan di PPN Pemangkat, tidak ada lagi ikan yang terbuang. Semua jenis ikan dapat diolah menjadi hasil perikanan yang bernilai ekonomis," katanya.

Jenis ikan yang biasanya dianggap tidak mempunyai nilai lanjut Takbir, saat ini dapat dimanfaatkan dengan dijadikan hasil perikanan.

"Ikan hasil olahan yang dilakukan oleh para ibu rumah tangga tersebut, dijadikan ikan asin, ikan asap, bahkan bisa dijadikan produk olahan seperti kerupuk," jelas Takbir. 

"Ikan yang sebelumnya dianggap tidak memiliki nilai pasar tersebut, sebelumnya diolah terlebih dahulu dengan cara dipotong menjadi 2 hingga 9 bagian sesuai kebutuhannya. Dari pengolahan tersebut, setiap hari mereka (ibu rumah tangga) bisa mengolah ikan  mencapai 400 kilogram setiap harinya," terang Takbir.

Share:
Komentar

Berita Terkini