Kades Minta Jalan Kabupaten di Desa Pusaka Diaspal

Editor: Redaksi

 

Elpani, Kades Pusaka

Sambasnews.com (TEBAS)-Kepala desa Pusaka kecamatan Tebas kabupaten Sambas, Elpani meminta pemerintah kabupaten Sambas melalui instansi terkait untuk segera memperbaiki jalan yang ada di desa Pusaka.

Dikatakan jalan dengan status jalan kabupaten didesa Pusaka, belum seluruhnya dilapisi aspal. Padahal katanya, jalan tersebut merupakan akses yang selalu digunakan oleh warga membawa hasil pertanian dan juga menuju sekolah.

"Terdapat dua dusun di desa Pusaka terdiri atas dusun Sekadim dan dusun Puting, nah jalan di dusun Sekadim ini yang masih belum diaspal," ujar Elpani.

Padahal katanya, didusun Sekadim ini terdapat lembaga pendidikan yang dengan status negeri.

"Di dusun Sekadim terdapat SMP negeri 3 Tebas dan SDN 8, itu sebabnya saya sangat mendesak pemerintah kabupaten Sambas agar segera memperbaiki jalan di desa Pusaka. Supaya dapat secepatnya bisa di aspal," harap Elpani.

Dijelaskan oleh Elpani, jika jalan didusun Puting sudah teraspal lantaran berada di jalur jalan negara.

"Juga sebelum pandemi COVID-19, jalan kabupaten didesa Pusaka sudah diaspal sepanjang kurang lebih 600 meter. Untuk sisanya ini yang kami harapkan juga segera diaspal, guna memudahkan anak-anak menuju sekolah juga mempermudah warga mengangkut hasil pertanian," jelas Elpani.

"Saat ini jalan yang belum diaspal tersebut hanya ditimbun tanah kong, yang jika musim hujan berlumpur dan akan berdebu saat cuaca panas," lanjut Elpani.

Desa Pusaka ungkap Elpani dimasa perang kemerdekaan, menjadi salah satu pusat perjuangan kemerdekaan karena menjadi tempat bagi pejuang kemerdekaan Alianyang.

"Disinilah Alianyang bersama pejuang kemerdekaan lainnya bersembunyi dari kejaran tentara penjajah Belanda," ungkap Elpani.

"Maka kami sangat berharap pemerintah kabupaten Sambas bisa mengaspal jalan di desa kami," pinta Elpani.

Ia turut mengungkapkan jika pada era 1980 hingga 1990an terdapat sejumlah pejabat penting, yang lahir didesa Pusaka.

"Terdapat beberapa pejabat penting seperti Wakil Gubernur, atase pendidikan di Australia yang lahir dan berasal dari desa Pusaka. Itu sebabnya saya meminta pemerintah kabupaten Sambas mengaspal jalan di desa Pusaka, karena untuk membantu anak-anak meraih ilmu di sekolah yang terdapat di desa Pusaka," tutup Elpani. 



Share:
Komentar

Berita Terkini