Pantai Matang Putus Dahulu Abrasi, Sekarang Jadi Tempat Tujuan Wisata

Editor: Redaksi

 

Suasana pantai di kecamatan Paloh kabupaten Sambas

Sambasnews.com (SAMBAS)-Pantai Matang Putus yang terdapat di dusun Matang Putus desa Matang Danau kecamatan Paloh kabupaten Sambas, yang beberapa tahun terakhir selalu mengalami abrasi pantai. Kini kondisinya sudah menjadi tempat tujuan wisata warga, setelah dibangun tanggul penahan abrasi oleh pemerintah melalui APBN.

Diungkapkan oleh Sehan A Rahman, anggota DPRD kabupaten Sambas asal kecamatan Paloh. Pantai Matang Putus sudah ramai dikunjungi oleh warga yang ingin menikmati keindahan pantai.

"Pembangunan tanggul abrasi pantai sangat berdampak kepada masyarakat, selain sebagai penahan abrasi. Saat pantai yang telah dipasang tanggul menjadi tujuan wisata warga sekitar sehingga membuat roda perekonomian menggeliat," ujar Sehan A Rahman, Rabu.

Dikatakan oleh legislator partai Golkar yang juga ketua DPD partai Golkar kabupaten Sambas, dengan adanya kunjungan oleh warga di pantai Matang Putus membuat lokasi pantai menjadi ramai.

"Karena selalu ramai dikunjungi oleh warga, membuat pemuda di desa Matang Putus berinisiatif membangun tempat berjualan makanan dan minuman di lokasi tanggul penahan abrasi pantai Matang Putus," terang Sehan A Rahman.

"Sehingga sekarang kondisi pantai sudah berubah, dari sisi ekonomi tanggul penahan abrasi pantai yang dibangun menggerakkan roda perekonomian dengan adanya kunjungan di pantai Matang Putus. Sementara dari sisi lain, dapat menjaga dan melindungi pantai dari hantaman gelombang," jelas Sehan.

Melihat multiplier efek dari pembangunan tanggul penahan abrasi pantai di desa Matang Danau, Sehan berharap pembangunan tanggul penahan abrasi pantai tersebut dapat dilanjutkan.

"Melihat kondisi pantai Matang Putus yang telah menjadi tempat tujuan wisata, kita tentu meminta pembangunan tanggul bisa dilanjutkan dan tanggul yang sudah ada dapat diperpanjang," harap Sehan.

Share:
Komentar

Berita Terkini