Bupati Launching CMS Bagi Pemdes, Satono:Menjaga keamanan, Efektivitas dan Efisiensi

Editor: Redaksi

 

Bupati Sambas menandatangani kesepakatan bersama penggunaan CMS bagi desa bersama Bank Kalbar

Sambasnews.com (SAMBAS)-Bupati Sambas H Satono bersama Direktur Umum Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalimantan Barat, Rokidi melaunching  layanan Cash Menejemen Sistem (CMS) Bank Kalbar bagi pelaksanaan APBDes Se-Kabupaten Sambas, Selasa (5/10/2021). 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, dan dihadiri oleh Sekda Sambas serta sejumlah kepala desa di kabupaten Sambas.

Bupati mengatakan, launching program CMS Bank Kalbar ini adalah implementasi dari Permendagri dan Peraturan Bupati Sambas.

"Ini sebenarnya implementasi dari Permendagri nomor 20 tahun 2018, dan ditindaklanjuti dengan Perbup nomor 27 tahun 2020 dan hari ini baru kita implementasikan untuk dana kepala Desa," ujar Satono, Selasa.  

Bupati Satono mengemukakan, launching dan penandatanganan MOU dengan Bank Kalbar, tentang implementasi transaksi non tunai untuk pelaksanaan APBDes di Kabupaten Sambas adalah sebuah terobosan baru. 

Pelaksanaan transaksi non tunai ini nantinya kata Bupati, akan dilaksanakan dalam dua tahap. Untuk tahap pertama ini kata dia, ada kurang lebih 100 desa yang akan melaksanakan transaksi non tunai untuk APBDes. 

"Dan untuk tahap pertama ini ada kurang lebih 100 Desa yang kita latih untuk pelaksanaan CMS online," tuturnya. 

Dengan demikian sebut Bupati, diharapkan bisa menjaga keamanan dan lebih efektif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Sambas. 

"Ini kita laksanakan untuk menjaga keamanan, efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan dana Desa. Mudah-mudahan sistem ini bisa membantu dalam memudahkan pelayanan kepada masyarakat," harap Bupati.

Share:
Komentar

Berita Terkini