Dewan Sambas Datangi Pemprov Kalbar, Pertanyakan Progres Desa Persiapan Argapura dan Sapak Hulu Trans

Editor: Redaksi

 

Konsultasi DPRD kabupaten Sambas di Setda pemprov Kalbar terkait kemajuan perkembangan desa persiapan Argapura dan Sapak Hulu Trans

Sambasnews.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten Sambas tepatnya Anggota Dewan dari Komisi I dan IV melakukan konsultasi ke Biro Pemerintahan Setda Pemprov Kalbar, Jumat (22/4). 

Konsultasi Lintas Komisi DPRD Kabupaten Sambas tersebut dipimpin langsung Wakil Ketua III DPRD, Suriadi untuk mempertanyakan perkembangan pemekaran desa Argapura dan Sapak Hulu Trans. Dalam konsultasi tersebut, rombongan diterima oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Provinsi Kalbar, Linda Purnama dan jajaran Biro Pemerintahan. Dewan dan Pejabat Pemprov Kalbar tersebut melakukan dialog diruang rapat wakil gubernur. 

Suriadi mengatakan, konsultasi mempertanyakan progres atau kemajuan penetapan Desa Argapura dan Sapak Hulu Trans menjadi desa definitif. Lantaran isu progress dua desa persiapan ini, mendapat perhatian serius para warga desa. Mereka kata Waka III, meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas dan Lembaga DPRD Kabupaten Sambas dapat mendorong percepatan pendefinitifan. 

“Konsultasi Lintas Komisi ini dalam rangka menindaklanjuti aspirasi warga, terutama dari Dua Desa Persiapan yang telah kita tetapkan dari tahun 2020 lalu. Mereka aktif menyampaikan pertanyaan ke kita mengenai sudah sampai dimana progressnya. Karenanya kami selaku wakil rakyat merasa sangat perlu untuk mendalami informasi tersebut ke Provinsi,” ujar Suriadi. 

Selain progress, Suriadi juga mengungkapkan pertanyaan apa-apa saja yang diperlukan untuk mempercepat upaya pendefinitifan dua desa persiapan tersebut. Karena menurut dia, dua desa dimaksud terbilang layak untuk menjadi desa definitif. 

“Kami DPRD siap mendorong semua pihak agar ini bisa kita realisasikan secepatnya pendefinitifannya,” ungkap Suriadi. 

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas Sehan A Rahman pada pertemuan itu, menyampaikan permohonan agar Pemprov mendukung penuh kelancaran pendefinitifan desa persiapan. Dia mengharapkan kemudahan-kemudahan dapat diberikan pihak Pemprov Kalbar dalam urusan ini. 

“Kita berterima kasih kepada pemerintah provinsi Kalimantan barat, terutama bapak Gubernur dan semua pihak seperti Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan, Biro Pemerintahan provinsi yang telah bekerja keras bagaimana desa-desa persiapan di Kalimantan Barat termasuk dua di Kabupaten Sambas segera mendapat kodefikasi desa, segera menjadi desa definitif. Kita harap, untuk Kabupaten Sambas, sebelum 2023, sudah bisa menjadi desa definitif,” harap dia. 

Diungkapkan Legislator Partai Golkar tersebut, progress dua desa persiapan itu sangat penting. Termasuk kata dia, dalam rangka kebaikan pelaksanaan Pesta Demokrasi lima tahunan nantinya. 

“Harapan kita bersama, sesuai beberapa informasi yang disampaikan pihak provinsi Kalimantan barat, terkait kondisi progress dua desa itu, dapat segera dipenuhi, mulai tapal batas, hingga pemetaannya,” tutur Sehan A Rahman. 

Share:
Komentar

Berita Terkini