Bupati Satono Sampaikan Keluhan Petani Sawit Kepada Menteri Pertanian

Editor: Redaksi

 

Bupati Sambas H Satono bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan 

Sambasnews.com-Bupati Sambas, H Satono, menyampaikan keluhan petani sawit dari Kabupaten Sambas yang mengeluhkan anjloknya harga Tandan Buah Segar (TBS) kepada Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan di Jakarta, Minggu (17/7/2022).

Bupati mengatakan, sebelum berangkat ke Jakarta dalam rangka Munas Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indoensia (AKPSI) ke-I, dia telah mendengar berbagai macam keluhan para petani sawit. Dia paham betul situasi yang dihadapi petani sawit mandiri, karena dirinya juga anak petani.

"Karena banyak petani sawit mandiri yang mengeluhkan harga TBS turun drastis, saya juga sudah mengetahui hal itu dari berita-berita dan informasi lainnya. Saya paham betul bahwa situasi tersebut menyulitkan petani sawit mandiri di Kabupaten Sambas," ujarnya.

Satono mengungkapkan, saat ini harga TBS di Kabupaten Sambas sudah turun drastis dibandingkan dua bulan yang lalu. Lebih parahnya lagi, petani sawit mandiri hanya dapat menjual TBS dengan harga Rp.800 sampai Rp.1.200 saja kepada penampung.

"Dua bulan lalu harga TBS di atas Rp.3000, semua petani sawit mandiri di Kabupaten Sambas merasa senang, ekonomi mereka naik seketika. Banyak yang membangun rumah, membeli kendaraan baru hingga perabotan baru. Sekarang tiba-tiba harga tidak sampai Rp.1000, tentu mereka menjerit-jerit," katanya.

Dijelaskan oleh Bupati, aspirasi yang dia sampaikan langsung kepada Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan adalah terkait bagaimana pemerintah mengatur regulasi tentang persawitan dari hulu hingga ke hilir. Dia juga mendorong Kementerian Perdagangan agar membuka pintu ekspor CPO seluas-luasnya.

"Sebagai kepala daerah saya punya kewajiban untuk berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait permasalahan yang dihadapi di daerah. Saya berkomitmen kuat untuk memperjuangkan nasib para petani sawit mandiri di Kabupaten Sambas, mudah-mudahan aspirasi yang disampaikan segera ditindaklanjuti," tutup Bupati.

Share:
Komentar

Berita Terkini