Figo Apresiasi Bupati Sambas, Perjuangkan Nasib Honorer Ke Menpan RB

Editor: Redaksi

 


Sambasnews.com (SAMBAS)-Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo mengapresiasi langkah Bupati Sambas, Satono yang telah bertemu dengan Menpan RB dalam memperjuangkan nasib honorer di daerah di kabupaten Sambas.

Ia mengatakan langkah tersebut merupakan bukti kepedulian dari Bupati Satono, kepada tenaga honorer di kabupaten Sambas.

"Ini membuktikan kepedulian, komitmen dan konsistensi Bupati Sambas dalam memahami keberadaan tenaga honorer di daerah sebagai tenaga yang punya peran penting terhadap jalannya pemerintahan. Khususnya di bidang pendidkan, kesehatan dan teknis," ujar Lerry Kurniawan Figo, Jum'at (23/09/2022).

Figo mengungkapkan, jika berdasarkan analisis kebutuhan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sambas, tidak kurang dibutuhkan lima ribuan orang. Saat ini jumlahnya masih kurang dan beruntung terpenuhi oleh tenaga honorer.

"Kita patut berterimakasih kepada kawan-kawan honorer apalagi yang sudah mengabdi cukup lama. Karena selama ini mereka bisa menggantikan posisi ASN dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Walaupun status dan gaji mereka lebih rendah," katanya.

Legislator Partai Nasdem ini mengatakan, walaupun status dan tingkat pendapatan serta kesejahteraan honorer sangat rendah karena di gaji dibawah rata-rata Upah Minimum Kabupaten (UMK), namun para honorer tetap bekerja sejajar dengan ASN dan sangat optimal.

"Pemerintah pusat membuka peluang kesetaraan melalui jalur formasi P3K itu sebetulnya sudah menjadi solusi yang tepat dari permasalahan tersebut, namun formasi itu terbatas, tidak mampu mengcover seluruhnya sekaligus" katanya.

"Dan saat ini masih terdapat honorer yang berpendidikan SMA atau sederajat. Kondisi itu juga menjadi kendala dalam penanganan honorer di daerah," tutup Figo.

Share:
Komentar

Berita Terkini