Pimpin Upacara HUT RI ke-78 di Aruk, Staf Khusus Mendagri Muchlis Hamdi Bacakan Sambutan Menteri Dalam Negeri

Editor: Redaksi

 

Staf Khusus Mendagri Prof Muchlis Hamdi MPA Ph D, didampingi Kepala PLBN Aruk Wendalius Fanu usai mengikuti upacara bendera HUT RI ke-78 di Aruk Sajingan Besar, Kamis (17/8/2023).

Sambasnews.com - Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas melaksanakan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-78 di Titik Nol Perbatasan Aruk, Kamis (17/8/2023).

Upacara bendera HUT RI ke-78 dihadiri Staf khusus Menteri Dalam Negeri Bidang Pemerintahan Prof Muchlis Hamdi MPA Ph D, Kepala PLBN Aruk, Staf ahli Bupati Sambas, Yayan Kurniawan, anggota DPRD Kabupaten Sambas, Sumardi, unsur Forkopincam Sajingan Besar.

Prof Muchlis Hamdi mengapresiasi jajaran pemerintah daerah yang telah mengemban tugas di perbatasan negara bahkan sampai ke pulau pulau kecil.

"Selamat merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 kepada seluruh masyarakat Indonesia," ujar Prof Muchlis Hamdi membacakan sambutan Mendagri RI.

Tema HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun ini terinspirasi dari perjalanan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir yang penuh tantangan. Beberapa diantaranya terkait isu global, kondisi ekonomi dunia, konflik regional dan perubahan iklim.

"Di kancah internasional pemerintah Indonesia diberi kepercayaan membawa sedikit kebersamaan untuk pulih bersama," katanya.

"Terkait pengelolaan pembatasan negara, presiden Jokowi mengingatkan untuk mewujudkan perbatasan sebagai sarana dan prasarana kedaulatan NKRI," sambungnya.

Tidak hanya mengubah kondisi pembatasan yang tidak layak menjadi layak katanya, tetapi sejatinya dalam konteks kebangsaan PLBN telah menguatkan dan menaikkan kebanggaan warga perbatasan dalam berhadapan dengan negara tetangga.

"Kerja semua pihak tidak berhenti di sini. Kepala pemerintah Presiden Jokowi meminta PLBN tidak hanya tempat pelayanan administrasi lintas batas tetapi episentrum bagi pengembangan ekonomi,".

"Pengembangan masyarakat di sekitar kita harus menjadikan PLBN jadi pintu ekspor nasional untuk membanjiri negara tetangga kita dengan produk dalam negeri. Kita ingin kawasan PLBN tumbuh dan berkembang," tutupnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini