Dewan Minta Pelaku Pencemaran Sungai Ditindak Tegas

Editor: Redaksi author photo
Tumpahan minyak diduga CPO di sungai Sambas

Sambasnews.com (Sambas)-Kepala Dinas Perkim dan LH Kabupaten Sambas, H Eko Susanto menyebutkan pihaknya telah mendapatkan laporan adanya tumpahan minyak di penyeberangan Penyulong dan Kubangga. Dikatakan jika awalnya pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat yang disampaikan pihak Kepala Desa dan Camat setempat.

"Dimana air sungai dilaporkan tercemar di perairan Sungai Sambas atau sekitar penyeberangan Kubung - Penyulung Desa Puringan Kecamatan Teluk Keramat," katanya.

Tim dari Perkim LH lanjutnya, langsung meluncur ke lokasi, untuk melihat langsung dan menganalisa atas laporan tersebut.

"Tim sudah mulai bekerja sudah melihat, kita masih menunggu hasilnya," ujar Kadis.

Sementara Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sambas, Ahmad Hafsak Setiawan.SP mengungkapkan pihaknya akan secepatnya melakukan pemantauan terhadap kondisi tumpahan CPO sawit ini.

"Ya, kami dari Komisi II akan segera melakukan pemantauan terhadap kondisi genangan yang terjadi tersebut," tegasnya.

Legislator PPP ini juga menginginkan, dinas PerkimLH kabupaten Sambas untuk segera bertindak.

"Jika ada unsur kesengajaan, maka harus diberikan sangsi yang tegas oleh pemerintah daerah," katanya.

Dinas terkait sebut Hapsak, juga segera melakukan uji kebersihan air karena ini menyangkut kehidupan orang ramai dimana warga menggunakan air tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.

"Ini merupakan pencemaran lingkungan, kita khawatir ekosistem yang ada terganggu termasuk masyarakat terkait dengan kesehatannya, harus ada tindakan tegas terhadap perusahaan tersebut," tegas Hapsak. (Gindra)
Share:
Komentar

Berita Terkini