Kadis Sebut Peran Desa Sangat Penting Dalam Kesehatan Masyarakat

Editor: Redaksi author photo

Fattah Maryunani


Sambasnews.com (SAMBAS)-Pemerintah Desa se Kecamatan Tebas melakukan rapat koordinasi bersama.

Rakor tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Wakil Ketua DPRD Sambas dan Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Sambas.

Terdapat beberapa isu yang dibahas dalam rakor tersebut, seperti yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, dr Fattah Mariyunani diantara yang ditekankan adalah mengenai isu menekan angka kematian ibu melahirkan di Sambas.

"Kita sampaikan mengenai ibu hamil. memang masih ada jampersal dan  bpjs, ini masih mau dirapatkan dengan dinas sos pmd, inspektorat dan bakeuda serta pak sekda, kita meminta agar pemdes juga membantu masyarakat untuk mengurus administrasi mengenai ini," ungkapnya, Selasa (21/1) di Gedung Serbaguna Citrus Center Kecamatan Tebas.

Tak hanya itu, peran Desa kata Kepala Dinas, sangatlah penting terlebih pada isu kesehatan masyarakat.

" Pastinya diharapkan desa lebih faham lagi bahwa hal kesehatan harus kita keroyok sama-sama, peran desa sangat vital mengenai ini, misalnya kebersihan lingkungan guna mencegah DBD, sanitasi dan lainnya dalam upaya mencegah munculnya penyakit, ini bisa dicapai dengan keterlibatan warga dalam bergotong royong membersihkan lingkungan," kata Fattah.

"Kedua tim satgas pangan akan memonitor di Desa terkait dengan harga serta memastikan jumlah data dan pendistribusian. Dan operasi pasar akan dilakukan bila di temukan kelangkaan, konversi gas juga akan kita galakan yaitu perubahan dari 3 kilogram ke 5 dan 12 kilogram," tutupnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini