BPBD Sudah Berupaya Tangani Karhutla di 2019

Editor: Redaksi author photo
pemadaman api oleh petugas pemadam


Sambasnews.com, (SAMBAS)-Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sambas, Yudi, mengatakan, sepanjang Tahun 2019, Pemkab Sambas bersama dengan komponen masyarakat lainnya telah berupaya maksimal menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Karenanya, untuk pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di 2019, Pemkab Sambas kata Yudi, telah melakukan beberapa jenis kegiatan.

"Dari Rapat hingga kunjungan kelapangan untuk penindakan titik api kita maksimalkan. Pemkab dibantu banyak pihak, seperti TNI POLRI, Manggala Agni dan masyarakat bersama-sama memadamkan api dilapangan," ujarnya, Jum'at.

Tidak hanya itu, upaya edukasi yang diberikan kepada masyarakat,  juga sudah dilaksanakan. Yakni melalui sosialisasi, seminar maupun ceramah umum tentang pencegahan karhutla.

Bahkan kata dia, bersama dengan TNI-Polri mereka sudah menyegel beberapa perusahaan yang terindikasi terlibat dalam Kebakaran Hutan dan Lahan.

"Bersama TNI POLRI, di tahun 2019, kita bahkan harus melakukan penyegelan terhadap perusahaan yang terbukti melanggar ketentuan yang telah ditetapkan," katanya.

"Kita juga bahkan memanfaatkan beberapa pertemuan mengkampanyekan kepada kelompok tani untuk menerapkan beberapa metode pertanian sehingga tidak membuka lahan dengan membakar. Masyarakat terus kita edukasi agar tidak membuka lahan dengan cara membakar," papar Yudi.
Share:
Komentar

Berita Terkini