Bupati Minta Pedagang Tidak Naikan Harga Sembako

Editor: Redaksi author photo
Bupati dan wakil Bupati Sambas lakukan sidak barang kebutuhan
dipasar Sambas

Sambasnews.com (SAMBAS)- Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili mengatakan pihaknya telah melakukan pemantauan terhadap sejumlah pasar, guna memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai dampak dari pandemi virus Covid-19.

Bupati dan Wakil Bupati Sambas Hj Hairiah, Dandim 1208/Sambas dan Tim Satgas Pangan melakukan sidak ke sejumlah pasar di Kabupaten Sambas.

Sidak atau pemantauan lansung di pasar ini dilakukan dalam rangka memantau harga-harga barang-barang kebutuhan pokok (Sembako) ditengah maraknya wabah Covid-19.

"Kita telah melakukan sidak ke pasar-pasar di Kabupaten Sambas, dengan melakukan sidak di pasar Sambas. Dan akan dilanjutkan ke pasar Tebas dan sebelumnya kita melakukan sidak di pasar Pemangkat," ujar Bupati.

Bupati mengemukakan, kegiatan itu dilaksanakan untuk memantau persediaan kebutuhan dasar masyarakat.

Menurut Bupati, dari hasil pantauan, bahan-bahan pokok di Kabupaten Sambas masih aman sampai dengan beberapa bulan kedepan.

Hanya saja, untuk ketersediaan gula di Sambas di perkirakan hanya cukup untuk sampai dengan dua Minggu kedepan.

"Saya melihat semua kebutuhan dasar di Kabupaten Sambas masih memadai dan cukup terkecuali stok gula," katanya.

"Saya pikir gula mungkin seluruh pasar ketersediaannya kurang, dan saya cek di dua toko tadi satu toko diprediksi akan bertahan selama satu minggu dan satunya lagi mungkin hanya beberapa hari sudah habis," jelasnya.

Dari pantauan Bupati dan tim di lapangan, harga gula juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

"Harga gula ini sangat tinggi biasanya di Bulog harga Rp 12.000 perkilogram sekarang ada yang menjual mencapai Rp.19.000," tambahnya.

Untuk itu, ia memastikan akan terus berkomunikasi dengan Bulog yang ada di Pontianak untuk bisa mengirimkan gula ke Kabupaten Sambas.

Dari hasil penelusuran Bupati, pedagang pun tidak siap membeli gula dalam jumlah banyak karena harganya mahal.

Bahkan katanya lagi, pedagang juga tidak mau membeli gula karena harganya yang sangat mahal.

"Kami berharap pedagang jangan sampai menimbun barang atau menaikkan harga, karena ketua satgas pangan kita adalah Bapak Kapolres Sambas," tegas Bupati.

Bupati juga turut meminta kepada para pedagang agar tidak menjual barang dengan harga tinggi.

"Bahkan saya menyarankan kepada pedagang untuk menjual dengan harga yang murah karena kondisi seperti ini kesempatan untuk bersedekah," katanya.

Karenanya, Bupati berharap agar masyarakat bisa tetap tenang, dan tidak gelisah serta bingung untuk menanggapi virus Covid-19.

"Kami juga telah sudah menghimbau semua para pedagang untuk tidak bermain harga, karena kita akan selalu mengontrol pasar-pasar, karena masyarakat saat akan melaporkan kepada kita terkait harga, kita juga telah sepakat dengan pedagang untuk berjualan normal-normal saja," jelas Bupati. (Gindra)
Share:
Komentar

Berita Terkini