Tendangan Bupati Awali GSI 2020

Editor: Redaksi author photo
Tendangan Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili mengawali
Kompetisi Gala siswa Indonesia (GSI) kabupaten Sambas

Sambasnews.com (SAMBAS)-Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH, membuka secara resmi Gala Siswa Indonesia Kabupaten Sambas tahun anggaran 2020, Selasa (3/3) di Lapangan Sepakbola Desa Kubangga Kecamatan Teluk Keramat.

Kegiatan tersebut diikuti perwakilan dari 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sambas. Satu kecamatan tidak ikut serta dalam turnamen sepakbola khusus siswa SMP ini, adalah kecamatan Subah.

Pembukaan ditandai dengan kick off perdana oleh Bupati Sambas pada pertandingan yang mempertemukan Kecamatan Galing dan Kecamatan Sejangkung. Disaksikan Ketua PSSI Kabupaten Sambas, Kadis Pertanian dan Kebudayaan Kab Sambas, Staf Ahli Bupati Sambas dan Camat Teluk Keramat.

Dalam arahannya, Bupati meminta generasi muda, menjadikan olahraga sebagai media menjauhkan diri dari Narkoba.

"Olahraga harus bisa menjadi media generasi muda kita menjauhkan diri dari aktifitas-aktifitas yang tidak bermanfaat. Jauhi narkoba, pergaulan bebas. Generasi muda kita kuat dengan olahraga, dan perkuat ilmu agama," ujar dia.

Atbah mengatakan, GSI menjadi kompetisi yang baik untuk mendorong dan menyemangati generasi muda berlatih olahraga sepak bola. Dia berharap, ajang GSI menyumbang prestasi generasi muda kabupaten sambas.

"Klub Sepakbola Gabsis U15 dan U17 telah mengukir prestasi yang membanggakan ditingkat provinsi Kalbar, bahkan U15 kita berhasil meraih tempat kedua terbaik. Dengan fasilitas seadanya, tentunya torehan presatasi ini sungguh luar biasa. Ini harus bisa memotivasi generasi muda lainnya untuk berani berprestasi," papar dia.

Senada dengan Bupati Sambas, Ketua PSSI Kabupaten Sambas, H Eko Suprihatino, mengatakan, keberhasilan U15 Gabsis pada piala Soeratin beberapa hari yang lalu tidak lepas dari event GSI.

Kata dia, GSI menyumbang banyak pemain U15 diajang Piala Soeratin tahun ini.

"Alhamdulillah, kompetisi GSI memberikan banyak dampak baik bagi persepakbolaan Kab Sambas, sebagian besar pemain U15 Gabsis kita yang menjadi runner up kemarin, juga berasal dari tournament GSI. Tentunya ini menjadi ajang kompetisi yang strategis dan potensial," ungkap Eko.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sambas, H Sabhan mengatakan, tahun lalu, Kabupaten Sambas berhasil mengirim wakil GSI ke tingkat nasional. Harapan dia, tahun ini, juara GSI tingkat Kabupaten, bisa berbicara banyak ditingkat nasional.

"Dinas insyaAllah akan serius memaksimalkan turnament ini, kita jaring atlit-atlit yang berbakat untuk menjadi wakil kita nanti ke tingkat provinsi dan nasional," sebut dia.

Samiri, Ketua Panitia GSI 2020, mengatakan, GSI kali ini menggunakan 3 lapangan, di Kubungga Teluk Keramat, Lapangan Tumuk dan Lapangan Manggis Sambas. Dia menyebutkan, final GSI akan digelar pada Senin, 9 Maret 2020 nanti.

"Turnament GSI ini sudah dua kali kita gelar, tahun 2019, kita sudah ketingkat nasional, kalo tingkat provinsi kalbar, kita juara dua. Tahun ini diikuti 18 Musyawarah Kerja Kepala Sekolah, atau 18 kecamatan," ungkap dia.
Share:
Komentar

Berita Terkini