Apresiasi Semua Komponen Kabupaten Sambas Atas Penanganan Covid-19

Editor: Redaksi author photo
Sidak ketersediaan sembako oleh Bupati bersama wakil Bupati
serta unsur Forkopimda kabupaten Sambas

Sambasnews.com (SAMBAS)- Pemerintah Kabupaten Sambas memberikan apresiasi terhadap semua komponen masyarakat Kabupaten Sambas yang telah bekerjasama berupaya memutus mata rantai penyebaran Corona Viruses Disease 2019 (Covid-19).

"Semua berjibaku secara massif guna memberikan yang terbaik dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid -19. Mulai dari tenaga medis, TNI Polri, Kecamatan, Desa, Tim Gugus Penanganan Covid tingkat kabupaten hingga desa, termasuk perorangan masyarakat, memberikan kepedulian yang sangat baik," ujar Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili.

Dikatakan dalam hal ini diperlukan upaya dari semua, guna memutuskan rantai penyebaran virus tersebut.

"Wabah ini begitu cepat, diperlukan upaya nyata memutus mata rantai penyebaran. Satu diantaranya dengan tetap berada di rumah. Biarkan tim yang bekerja diluaran, masyarakat kita minta tetap dirumah, agar semua langkah yang diambil bisa maksimal," ujar dia.

Bupati juga memberikan apresiasi terutama bagi tim medis seluruh Indonesia. Atbah juga mengapresiasi upaya seluruh komponen masyarakat, terutama bagi mereka yang mengindahkan imbauan pemerintah untuk tetap berada dirumah saja.

"Penting untuk masyarakat tetap dirumah, tidak melakukan perjalanan berpergian terutama keluar kota. Jika mengharuskan aktifitas diluar rumah dikarenakan profesi pekerjaan, bekali diri dengan alat pelindung diri seperti masker, sering bersihkan tangan dengan mencuci dengan air. Penting untuk mengikuti protokol kesehatan yang ada," imbau Bupati.

Kabupaten Sambas, diungkapkan Bupati, dengan catatan medis yang ada, diakui terdapat data orang dalam pemantauan atau ODP lumayan banyak.

Hal itu menurut Atbah, menyatakan bahwa tim gugus bekerja dengan baik agar semua mereka yang layak dalam pemantauan terdeteksi dan benar-benar terpantau.

"Masyarakat kita minta jangan panik dengan data ODP, tetapi tetap waspada. Patuhi imbauan pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran. Dan terus perbanyak doa agar Allah segera mengangkat wabah ini," pinta Atbah.

Dijelaskan Bupati, Pemda Kabupaten Sambas juga mengapresiasi upaya nyata TNI Polri mengawal penanganan kasus ini. Termasuk upaya penyemprotan Disinfektan pada fasillitas umum dan beberapa lokasi strategis yang dimotori TNI Polri bersama dinas terkait, badan pemadam kebakaran, hingga beberapa kelompok masyarakat baik tingkat kecamatan maupun desa.

"Seperti yang telah dilakukan, selama tiga hari berturut-turut, pemda bersama tim gugus tugas covid-19 yang dimotori dari TNI Polri, telah melakukan penyemprotan secara massal di fasilitas umum. Dengan melibatkan forkopimda, bersama-sama melakukan aksi nyata dilapangan. Bahkan sebelumnya, guna merespon cepat arahan Gubernur dan Pusat, kita juga telah menggelar rapat terbatas yang kita gelar dihari libur dan waktu malam. Kita lakukan ini, karena keseriusan pemda didukung barisan forkopimda," terang dia.

Pemda terang Atbah telah menginstruksikan sampai tingkat kecamatan, desa, dusun hingga ke masyarakat agar peduli terhadap Covid-19.

Bupati telah mengeluarkan edaran agar desa mengalokasikan penanganan Covid-19 dalam Anggaran Desanya. Selain menyemprot disinfektan secara massal, upaya dilapangan, Pemda didukung TNI Polri turut menjaga stabilitas kebutuhan pokok warga.

"Dalam Rangka kita menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok dan ketersediaannya, pemda telah turun langsung didukung satuan TNI Polri ditingkat kecamatan. Kita lakukan inspeksi ke pengusaha penyuplai kebutuhan pokok di kecamatan-kecamatan. Kita dialog, terutama terkait ketersediaan stok kebutuhan pokok, apakah sudah dilakukan pemesanan kembali, apakah stok yang ada bisa bertahan berapa lama. Artinya, efek dari wabah ini, pemda, pemerintah telah mengambil langkah strategis dan telah berbuat agar warga tidak panik, tidak melakukan pembelian yang berlebihan. Pemerintah memastikan kebutuhan tetap terjaga stabil," sebut dia.

Apresiasi, juga Bupati sampaikan kepada umat beragama. Dia bersyukur, penanganan ini didukung komponen tokoh-tokoh agama.

"Kita doakan, agar wabah ini dapat kita lalui, dan cepat berlalu," ucap Bupati.
Share:
Komentar

Berita Terkini