Bupati Sambas Terima Vaksin Covid-19

Editor: Redaksi

 

Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili saat menerima vaksin Covid-19, Rabu (27/01/2021)


Sambasnews.com (SAMBAS)- Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili menerima penyerahan vaksin Covid-19 sebanyak 4.320 vial untuk tahap pertama, Rabu (27/1).

Vaksin Covid-19 ini diserahkan langsung oleh satuan tugas covid-19 provinsi Kalbar kepada Bupati Sambas H.Atbah Romin Suhaili di halaman kantor Dinas Kesehatan Sambas.

Bupati mengatakan, vaksin yang tiba dikabupaten Sambas merupakan buatan Sinovac yang sudah diuji di Bandung sejak bulan Agustus 2020.

"Alhamdulillah kita sudah menerima vaksin Covid-19 sebanyak 4.320 vial untuk Tahap pertama, vaksin buatan Sinovac ini telah diuji di Bandung sejak Agustus tahun 2020," ujar Bupati, Rabu.

Dikatakan oleh Atbah, vaksin Sinovac ini sudah direkomendasikan oleh badan pengawas obat dan makanan sehat sudah ada Fatwa Majelis Ulama Islam (MUI)

"Kita bersyukur vaksin sudah tersedia sehingga kita dapat mencegah meluasnya wabah virus Corona. Selanjutnya kita akan segera melakukan vaksinasi pada tahap pertama," ungkapnya.

Bupati menekankan sebelum memulai vaksin seluruh prosedur harus dilalui dengan baik dalam rangka menjaga kesehatan masyarakat dan efektivitas vaksin. Kemudian sistem distribusi vaksin ke Kecamatan sangat penting dan juga peralatan pendukung,SDM dan tata kelola vaksinasi semuanya harus sudah siap.

"Karena vaksinasi tidak bisa dilakukan secara serempak untuk semua penduduk,  Saya harap semua pihak harus mengikuti pengumuman dan petunjuk petugas yang sudah menyiapkan vaksinisasi," harap Bupati.

Meski vaksin sudah ada, Atbah tetap menghimbau masyarakat untuk tetap  disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan.

"Ya, tetap disiplin dalam 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Semoga Tuhan YME  memberkati kita semua untuk bisa melewati ujian wabah ini," kata Bupati.

Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, yang diwakili oleh  Kepala Seksi Kefarmasian Alkes yang juga koordinator pengelolaan dan pendistribusian Vaksin Covid-19 di Kalimantan Barat, Indah Puspa Sari mengatakan hari ini mereka menyalurkan vaksin Covid-19 ke-3 Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Barat. 

"Hari ini kami menyalurkan di Singkawang, Sambas dan Bengkayang," katanya. 

Diungkapkan oleh Indah, untuk Kabupaten Sambas sendiri, mendapatkan 4.320 vial vaksin Covid-19 Sinovac. Hal itu ungkapnya, sudah sesuai dengan kuota yang di tetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) untuk Kabupaten Sambas.

"Di Sambas menerima 4.320 vial vaksin Covid-19, sesuai dengan alokasi yang ditetapkan oleh Kemenkes. Karenanya kami berharap nanti vaksin ini bisa segera dilakukan dan bisa tepat sasaran," tegasnya. 

Selanjutnya kata dia, mereka berharap agar vaksinasi bisa segera dilakukan terutama bagi para tenaga kesehatan yang memang berjuang di garda depan dalam penanganan kasus Covid-19.

"Dan mudah-mudahan dengan vaksin ini teman-teman di Sambas terutama nakes bisa lansung di vaksinasi," tutupnya. 

Untuk diketahui, kedatangan vaksin Covid-19 di Kabupaten Sambas dikawal ketat oleh pihak keamanan yang terdiri dari TNI-Polri. 

Sesampainya di Sambas, vaksin tersebut lansung di simpan di gudang kefarmasian Dinkes Kabupaten Sambas. Dalam hal ini memang sudah disiapkan satu ruangan khusus guna menyimpan vaksin Covid-19.

Share:
Komentar

Berita Terkini