Dewan Minta BPBD Buat Inovasi Peringatan Dini Cuaca Ekstrim

Editor: Redaksi

 

Bencana banjir akibat hujan deras di kabupaten Sambas


Sambasnews.com (SAMBAS)- Anggota DPRD Kabupaten Sambas, Bagus Setiadi mengingatkan kepada pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sambas untuk terus menyampaikan update terkait cuaca ekstrim di Sambas. 

Bagus juga menyarankan agar BPBD kabupaten Sambas, bisa membuat satu perangkat peringatan dini tentang potensi terjadinya cuaca ekstrim. 

Dikatakan oleh Bagus, nantinya perangkat itu bisa di pasang di beberapa wilayah yang padat penduduk dan dekat dengan pantai yang berpotensi terpapar cuaca ekstrim. 

"Kita pernah menyampaikan, bahwa kita menginginkan agar ada inovasi membuat perangkat peringatan dini yang bisa digunakan dan dilihat oleh masyarakat tentang potensi bencana. Baik itu hujan deras, hingga angin kencang," ujar Bagus. 

Menurut Bagus, hal yang semacam itu memang sudah semestinya ada di Kabupaten Sambas. Karena Sambas memiliki potensi cuaca ekstrim, dan juga potensi banjir, longsor dan lain-lain. 

"Kita inikan garda depan, kita Kabupaten yang banyak memiliki pesisir pantai dan berbatasan lansung dengan laut lepas. Karenanya wajar jika ada inovasi sedemikian itu," tuturnya. 

"Selain potensi banjir rob, kita juga ada potensi banjir karena luapan sungai. Tanah longsor, dan lain-lain. Jadi kita pandang ini perlu, agar masyarakat kita bisa berhati-hati," terangnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini