Bagus Setiadi Apresiasi Poktan Karya Usaha Panen Bawang Merah 5,9 ton Perhektar

Editor: Redaksi

 

Sekretaris Komisi I DPRD Sambas menghadiri panen bawang merah oleh Poktan Karya Usaha desa Matang Labong kecamatan Tebas

Sambasnews.com (SAMBAS)- Anggota DPRD kabupaten Sambas dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Bagus Setiadi, mengapresiasi kelompok tani (Poktan) Karya Usaha dusun Ramin Condong desa Matang Labong kecamatan Tebas. Apresiasi disampaikan oleh Bagus, atas keberhasilan Poktan Karya Usaha membudidayakan tanaman bawang merah di desa Matang Labong.

"Dalam melakukan monitoring beberapa hari lalu, Poktan Karya Usaha melakukan panen bawang merah. Dengan hasil yang sangat baik," ujar Bagus Setiadi, Minggu.

Dikemukakan oleh Sekretaris komisi I DPRD Sambas ini, bawang merah mempunyai prospek yang bagus untuk dikembangkan di kabupaten Sambas.

"Atas upaya yang dilakukan Poktan Karya Usaha diharapkan dapat ditingkatkan lagi, desa Matang Labong mempunyai potensi untuk pengembangan bawang merah," ungkap Bagus.

Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian kecamatan Tebas, Suliati mengungkapkan untuk budidaya bawang merah di desa Matang Labong, mempunyai potensi lahan seluas 5 hektar.

"Dusun Ramin Cundong memang sudah berkali-kali menanam bawang  merah dan selalu berhasil. Potensi lahan untuk ditanami bawang merah di desa Matang Labong, terutama di dusun Dusun labong Ayu dan Ramin Cundong di perkirakan sekitar 5 hektar yang bisa di tanami bawang merah," ungkap Suliati.

Suliati kembali mengungkapkan jika luas lahan yang di panen beberapa hari lalu meliputi Demontrasi Plot (Demoplot) dengan luas lahan0,16 hektar.

"Ubinan dalam 1meter persegi, Kami mengambil 3 ubinan dengan hasil yang terbaik 1,9 kg, sedang 1,3 kg, kurang 1 kg. Sehingga dengan rata-rata produksi perhektar mencapai 5,9 ton. Dengan umur tanam hingga panen selama 73 hari setelah tanam," katanya. 

Share:
Komentar

Berita Terkini