Lantik Anggota BPD Mensere, Camat Tebas Minta Anggota BPD Tidak Gengsi Belajar dari BPD Sebelumnya

Editor: Redaksi

 

Camat Tebas Slamet Riadi, SH melantik anggota BPD desa Mensere periode 2021-2027, Kamis (23/09/2021)

Sambasnews.com (TEBAS)-Camat Tebas Slamet Riadi, SH melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Mensere periode 2021-2027, Kamis (23/09/2021) di kantor desa Mensere di jalan Raya Mensere kecamatan Tebas kabupaten Sambas.

Pelantikan selain dihadiri Camat Tebas, juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD kabupaten Sambas Ferdinan Syolihin, Danramil 03/1208 Tebas Letda Samikun, Ketua APDESI Kecamatan Tebas Elpani dan Kades dan Sekdes Mensere Mizan Zainuddin dan M Arif serta anggota BPD desa Mensere periode 2015-2021.

Camat Tebas dalam kesempatan tersebut mengatakan, agar BPD secara bersama-sama melaksanakan pembangunan di desa Mensere. Camat Tebas juga meminta anggota BPD dapat menjaga keharmonisan antara BPD dan Kepala desa.

"Tolong jaga harmonisasi dengan kepala desa, BPD dan Kepala desa mempunyai kedudukan yang sama. Namun fungsinya berbeda, BPD punya fungsi aspiratif, legislatif dan fungsi yudikatif," ujar Slamet Riadi, Kamis.

Fungsi aspiratif kata Camat, berarti menggali menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Sedangkan fungsi legislatif, adalah bersama kepala desa membuat peraturan desa dan sebagainya.

Sedangkan fungsi yudikatif adalah fungsi pengawasan.

Camat juga meminta anggota BPD Mensere yang sudah dilantik, agar jangan malu bertanya.

"Tolong kepada BPD agar jangan gengsi bertanya kepada anggota BPD yang lama, karena ilmu yang kita dapat, tapi ada ilmu lain yang lebih dari kita dapatkan. Salah satunya pengalaman, jadi BPD lama punya pengalaman yang banyak. Untuk itu jangan gengsi untuk bertanya," kata Slamet.

"BPD yang baru juga tolong dipelajari apa yang menjadi tupoksinya, kemudian pelajari juga apa yang menjadi dasarnya. Salah satunya undang-undang tentang desa," kata Slamet.

Sementara kepala desa Mensere, Mizan Zainuddin mengharapkan anggota BPD yang baru dilantik dapat bekerjasama, membangun dan memajukan desa Mensere.

"BPD merupakan mitra kepala desa, untuk itu saya mengajak anggota BPD yang dilantik hari ini. Mari kita bersama-sama bekerjasama dengan baik, untuk mewujudkan desa Mensere yang lebih baik," ajak Mizan Zainuddin.

"Mudah-mudahan dengan kerjasama yang baik antara BPD dan Kepala desa, akan bermanfaat bagi masyarakat desa Mensere," harap Kades.

Kepala desa dan BPD lanjut Kades, bisa berkolaborasi dengan baik untuk menghasilkan yang terbaik.

"Kemitraan dan kerjasama yang baik semoga akan terus berlanjut, hingga ke PJ Kades yang akan datang, karena masa jabatan saya tersisa kurang lebih dua bulan," ungkap Kades.



Share:
Komentar

Berita Terkini