Dukung Inovasi Sambas Bersaing di IGA 2021, Ketua DPRD: Bupati Paparkan Inovasi di Hadapan Penilai Bukti Keseriusan Pemda Sambas

Editor: Redaksi

 

H Abu Bakar, S.Pd I, Ketua DPRD kabupaten Sambas


Sambasnews.com (SAMBAS)-Ketua DPRD, H Abu Bakar SPd I menyatakan dukungannya kepada Pemerintah Kabupaten Sambas, dalam penilaian Inovative Government Awards (IGA) 2021 yang dipresentasikan oleh Bupati Sambas H Satono di Jakarta, Kamis (25/11/2021). 

Ketua DPRD mengatakan, kehadiran langsung Bupati Sambas memberikan pemaparan terkait inovasi unggulan itu langsung dihadapan Pejabat Balitbang dan Tim Penilai Kemendagri. Adalah bukti keseriusan Pemda Kabupaten Sambas, menghadirkan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi semua. 

“DPRD Kabupaten Sambas sangat mengapresiasi usaha Pemda Kabupaten Sambas menghadirkan inovasi-inovasi yang baik. Karena kita tahu, itu semua untuk kebaikan bersama, untuk mempercepat akselerasi pembangunan dan kesejahteraan di Kabupaten Sambas,” ujar H Abu Bakar, Kamis.

Ketua DPRD mengatakan, ajang IGA merupakan ajang bergengsi. Tetapi jauh dari itu semua, menurut legislator Partai Gerindra ini, IGA merupakan wadah bagi SDM kabupaten Sambas terutama dijajaran ASN berinovasi memberikan yang terbaik. 

“Nilai plusnya adalah, SDM kita didorong untuk berinovasi seluas-luasnya, sebanyak-banyaknya. Nah inovasi yang dihadirkan itu, kita harapkan bermuara pada kesejahteraan bagi masyarakat kita dan bagi daerah kita. Sehingga visi misi Sambas Berkemajuan semakin mudah kita wujudkan bersama,” tegas H Abu Bakar. 

Menurut Ketua DPRD, 11 inovasi unggulan yang dijabarkan Bupati dihadapan Tim Balitbang Kemendagri, sudah mewakili aspek-aspek yang ada dalam pencapaian visi misi Pemda Kabupaten Sambas saat ini.

H Abu Bakar berharap, inovasi tersebut terus berlanjut dan berkembang menyesuaikan dinamika kehidupan bermasyarakat dan euforia tata kelola pemerintahan. 

“Kami dari lembaga DPRD, sesuai tugas dan fungsi kami sebagai wakil rakyat, apapun itu yang bernilai, berdampak baik bagi masyarakat, pasti kami dukung. Apalagi apa yang dihadirkan Pemda Kabupaten Sambas dalam inovasi ini, banyak yang menyentuh langsung ke masyarakat, harapan kami juga, semoga Kabupaten Sambas menjadi yang terbaik dan paling inovatif,” pesan Ketua DPRD.

Sebelumnya Bupati Sambas H Satono S.Sos I, MH, mengikuti presentasi kepala daerah inovatif kategori kabupaten kota. Bupati hadir langsung di Badan Penilitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri di Jakarta dalam rangka mengikuti tahapan penilaian dihadapan Pejabat dan Tim Penilai Balitbang Kemendagri, Jakarta, Kamis (25/11). 

Adapun Bupati didukung penuh Pimpinan DPRD, Sekda, dan beberapa pejabat Eselon II dan Teknis, memberikan paparan tersebut. Presentasi itu sebagai tahapan penilaian Inovative Government Awards 2021 Kementerian Dalam Negeri yang diikuti Kabupaten Kota seluruh Indonesia. 

Tahun 2021 ini, Pemerintah Kabupaten Sambas dalam ajang IGA tersebut, mendaftarkan 11 inovasi yang telah mengikuti seleksi dan pembahasan ditingkat Kabupaten. 11 Inovasi unggulan tersebut diantaranya Taman Wisata Bahari, Salam Tasbara atau Pasar Belampar di Batas Negara, Ekspor Itu Mudah. Kemudian Bu Naga Salin, Teknologi Moraga, Insanak atau internet Pedesaan Akomodatif, Fespa atau Penyelamatan Penyu di Perbatasan, Budikdamber atau Pramuka Jaya Warga Binaan Sejahtera, Sikeran atau Siaga Kekerasan Anak, serta Peran Serta Masyarakat Dalam pengelolaan Sampah dan Simelon Terasi, atau satu desa satu pangkalan gas melon. 

Share:
Komentar

Berita Terkini