Hasil Kebun Cabe dan Melon, Kafidan Pemuda Jawai Dapat Modal Untuk Nikah dan Beli Dua Sepeda Motor

Editor: Redaksi

 

Hasil panen cabe dari kebun Kafidan


Sambasnews.com (SAMBAS)-Berkebun Melon, Tomat dan cabe membawa keberuntungan bagi Kafidan, pemuda asal desa Pelimpaan kecamatan Jawai kabupaten Sambas. Dari usaha budidaya tanaman sayuran dan buah tersebut, alumnus Politeknik negeri Sambas ini berhasil meraup puluhan juta rupiah dari dua kali panen buah melon dan cabe serta tomat yang ia tanam.

Diungkapkan oleh Kafidan, dengan bercocok dan berkebun dirinya bisa menciptakan lapangan kerja untuk dirinya sendiri dan orang lain.

"Berkebun dengan menanam sayuran dan buah-buahan bagi saya menciptakan lapangan kerja mandiri, dan saat ini yang saya tanam Melon, cabe dan tomat," ujar Kafidan, Kamis (30/12/2021).

Kafidan menyebutkan jika ia sudah beralih bertani baru 1 tahun 4 bulan, dengan membudidayakan tanaman tersebut.

"Saya beralih ke bidang pertanian baru satu tahunan, dan dengan membudidayakan tanaman sayuran dan buah bagi saya, kita bisa jadi profesor ataupun dokter tanaman," katanya.

Kafidan mengungkapkan hasil perkebunan yang telah ia hasilkan berupa melon dan cabe, sudah menghasilkan dua unit sepeda motor.

"Hasil panen yang paling besar itu dari penjualan cabe yang hasilnya sudah bisa membeli motor 2 unit, terus aset berkebun yang didapatkan (memperbesar modal untuk berkebun kembali). Dan dari usaha berkebun yang saya tekuni, juga sudah bisa untuk modal menikah," jelas Kafidan.

"Sedangkan untuk pemasaran hasil kebun saya, langsung diambil oleh pembeli yang datang ke Jawai," katanya.

Share:
Komentar

Berita Terkini