Konsultasi Banmus ke DPRD Kalbar, Ketua DPRD: Menambah Wawasan dan Pengetahuan Banmus DPRD Sambas

Editor: Redaksi

 


Sambasnews.com-Ketua DPRD Kabupaten Sambas H Abu Bakar S Pd I mengatakan, Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kabupaten Sambas telah melakukan konsultasi ke DPRD Provinsi Kalimantan Barat pada Kamis lalu, pertemuan yang berlangsung di Ruang Miranti DPRD Kalbar dalam rangka silaturahmi, sharing informasi dan memperdalam tugas pokok dan fungsi Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Sambas.  

"Konsultasi ini merupakan silaturahmi untuk mempererat tali persaudaraan kita sebagai Wakil Rakyat dan sharing informasi, Saran dan Masukan tugas pokok dan fungsi Badan musyawarah DPRD," ujarnya.

Dikemukakan oleh Ketua DPRD, sebagai salah satu alat kelengkapan dewan, Badan musyawarah merupakan komposisi strategis yang memiliki peranan penting di lembaga DPRD. Karena katanya, Banmus yang menentukan jadwal yang akan dilakukan DPRD seperti agenda rapat paripurna, perjalanan dinas maupun rapat-rapat yang lain.

"Badan musyawarah memiliki peranan penting dan strategis, karena Bamus yang menentukan jadwal kegiatan DPRD," kata H Abu.

Setelah berdiskusi bersama DPRD Provinsi Kalbar menurut H Abu Bakar, terdapat beberapa kegiatan yang dapat dilakukan DPRD tanpa melalui hasil badan Musyawarah, seperti kegiatan rapat dengar pendapat umum (hearing) atau kegiatan lain yang bersifat insidentil.

"Rapat dengar pendapat atau hearing dan  kegiatan insidentil lainnya tidak harus menunggu keputusan badan musyawarah,  cukup dengan disposisi pimpinan, kegiatan tersebut bisa dilaksanakan," katanya. 

Abu Bakar mengungkapkan, Banmus DPRD Kabupaten Sambas saat ini sedang fokus penjadwalan pengganti antar waktu (PAW) salah satu anggota DPRD Kabupaten Sambas yang rencananya akan berlangsung dalam waktu dekat. 

"Sekarang Banmus sedang fokus untuk penjadwalan PAW salah satu anggota DPRD," ucapnya.

Dari Konsultasi yang telah dilakukan, ketua DPRD berharap dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru kepada Badan musyawarah untuk lebih baik dalam menyusun dan menjadwalkan kegiatan yang akan dilakukan DPRD kabupaten Sambas.

"Konsultasi ini diharapkan akan memberikan manfaat yang baik dan menambah wawasan serta pengetahuan badan musyawarah dalam menjadwalkan kegiatan yang akan di lakukan DPRD kabupaten Sambas," harapnya.

Diketahui, Konsultasi yang telah dilakukan di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Sambas, H Abu Bakar didampingi Wakil Ketua DPRD dan anggota Badan Musyawarah  DPRD Kabupaten Sambas. Dan saat konsultasi tersebut di terima oleh Wakil Ketua DPRD Prov Kalbar, Ir H Prabasa Anantatur, H Syarif Amin Muhammad S Ak beserta Jajaran Badan Musyawarah DPRD Provinsi Kalbar. 

Share:
Komentar

Berita Terkini