Komisi I dan II DPRD Sambas Dalami Penerapan Sistem Keuangan Desa Kabupaten Kubu Raya

Editor: Redaksi
Kunjungan kerja komisi I dan II DPRD Kabupaten Sambas di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kubu Raya, Jumat (25/11/2022).


Sambasnews.com-Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo SH MH mengatakan, DPRD kabupaten Sambas tertarik dengan penerapan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) di Kabupaten Kubu Raya. 

“Siskeudes merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu pemerintah desa mengelola keuangan desa mulai dari tahap perencanaan hingga tahap pelaporan atau pertanggungjawaban,” ujar Lerry Kurniawan, Jumat (25/11/2022). 

Figo mengungkapkan Siskeudes, aplikasi produk BPKP untuk membantu pemerintah desa mengelola keuangan desa. Pasca Undang-undang Desa dirilis, menurut dia perlu penguatan untuk pengelolaan pada Sistem Keuangan Desa. 

“Pengetahuan SDM perangkat desa sangat minim dalam hal keuangan desa, padahal uang yang harus dikelola desa sangat banyak. Karenanya, informasi dan data yang kita dapatkan dari kunjungan kita ke Kubu Raya, menjadi bahan komunikasi ke pihak terkait, agar penyelenggaraan pemerintahan kita berjalan dengan baik,” papar Ketua Komisi I. 

"Diharapkan penerapan aplikasi ini, memperkuat transparansi pengelolaan keuangan desa. Sehingga membantu aparatur desa dalam mengelola keuangan desa yang jumlahnya besar," tutup Figo.

Seperti diketahui Komisi I bersama Komisi II DPRD Kabupaten Sambas, melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kubu Raya, Jumat (25/11/2022). 

Kunjungan Kerja didampingi langsung Pimpinan DPRD diantaranya Ketua DPRD H Abu Bakar dan Wakil Ketua II DPRD Kab Sambas, H Arifidiar. 

Komisi I Bidang Pemerintahan dan Hukum, diketuai langsung oleh Lerry Kurniawan Figo, dan Komisi II yang membidangi Perekonomian dan Keuangan diketuai Melani Astuti. 

Rombongan Wakil Rakyat Kabupaten Sambas tersebut, disambut langsung Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kubu Raya, Jakariansyah dan jajaran stafnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini