48 Qori dan Qoriah Ikuti MTQ ke-VI Sungai Toman Tahun 2023

Editor: Redaksi

 

MTQ ke-VI Desa Sungai Toman Kecamatan Salatiga Kabupaten Sambas, Jum'at (1/9/2023).

Sambas - Desa Sungai Toman Kecamatan Salatiga menggelar acara Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke VI, dengan tema kita gali potensi minat dan bakat menuju generasi Qur'an yang unggul, cerdas, beraklahqul karimah dan berkemajuan. Jum'at (1/9/2023)

Pembukaan MTQ di hadiri oleh perwakilan dari kantor camat Salatiga, kepala desa Sungai Toman, Ketua LPTQ Kecamatan Salatiga, tokoh agama, tokoh masyarakat, FKUB desa Sungai Toman, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan perwakilan BKMT Desa Sungai Toman.

Ketua LPTQ desa Sungai Toman Hemdi dalam sambutannya mengatakan, Qori dan Qoriah yang ikut dalam MTQ tingkat desa Sungai Toman sebanyak 48 peserta. 33 perempuan 15 laki -laki, kita berkompetisi di acara MTQ  bagaimana berikan semangat mental yang kuat

"Untuk peserta yang ikut dalam ajang MTQ tingkat desa ini sebanyak 48 orang, 33 perempuan dan 15 orang laki-laki, dan ajang MTQ ini akan lahir Qori dan Qoriah yang memiliki mental yang kuat, sehingga bisa ikut pada ajang yang selanjutnya agar bisa lebih baik," ujar Hemdi, Jum'at malam.

Menurut Hemdi, setelah mengikuti MTQ tingkat desa para qori dan Qoriah akan kita bina.

"Untuk ikut di ajang selanjutnya, kita juga tetap berbenah untuk bisa lebih baik, tentu apa yang kita lakukan di MTQ ini sebagai wujud ibadah," katanya.

"MTQ tingkat desa ini tidak hanya berhenti di ajang desa ini, setelah ini akan kita bina untuk bisa ikut di tingkat kecamatan, ajang MTQ ini juga sebagai sarana ibadah kita," sambungnya.

Kepala Desa Sungai Toman Wartono, dalam kesempatan tersebut mengatakan, tujuan gelaran MTQ desa Sungai Toman untuk menumbuhkan kembangkan kitab suci Al Quran, untuk menjaring benih calon Qori dan Qoriah dari tingkat RT, RW dan Dusun yang unggul

"Kegiatan MTQ ini atas dasar surat keputusan kepala desa tentang penyusunan kepanitiaan pelaksana desa Sungai Toman, tentu dalam hal ini memiliki tujuan untuk menumbuhkan kembangkan kitab suci Al Qur'an," ujar Wartono

Kegiatan yang akan di gelar selama 3 hari kata Wartono, hasilnya nanti akan diikut sertakan dalam kompetisi di tingkat Kecamatan. "Sumber dana kegiatan MTQ menggunakan APBDes tahun anggaran 2023 yang di kelola panitia dalam kegiatan MTQ. Kegiatan MTQ tingkat desa Sungai Toman di gelar dari tanggal 1-4 September, setelah ini para juara akan kita ikut sertakan di tingkat kecamatan Salatiga," ungkap Wartono.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen yang terlibat, sehingga kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan, mudah-mudahan akan lahir Qori dan Qoriah yang bermutu yang terbaik," harap Wartono.

Penulis: Juliadi
Editor  : Gindra 
Share:
Komentar

Berita Terkini