Ratusan Pelayat Antar Jenazah Burhanuddin A Rasyid ke Pemakaman Bengkok di Tebas

Editor: Redaksi

 

Prosesi pemakaman Ir H Burhanuddin A Rasyid, Selasa (7/11/2023).


Sambas - Jenazah Burhanuddin A Rasyid, Bupati Sambas periode 2001-2011 selesai dimakamkan di pemakaman muslim Bengkok Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas, Selasa (7/11/2023).

Ratusan pelayat mengiringi kepergian Bupati Sambas dua periode tersebut, hingga ke pemakaman muslim Bengkok Tebas.

Sebelumnya, jenazah Burhanuddin A Rasyid di sholatkan di masjid Babul Jannah Sambas. Baru kemudian diberangkatkan ke masjid raya Al Manar Kecamatan Tebas untuk kembali disholatkan oleh masyarakat Kecamatan Tebas dan sekitarnya.

Prosesi pemakaman dihadiri oleh Bupati Sambas H Satono dan Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi yang merupakan anak kedua dari almarhum Burhanuddin A Rasyid.

Bupati Satono dalam kesempatan tersebut mengatakan, Burhanuddin merupakan Bapak Pembangunan Kabupaten Sambas.

"Innalilahi wa Inna ilaihi Raji'un, atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Sambas serta mewakili masyarakat Kabupaten Sambas. Kami ikut berbelasungkawa atas kepergian Bapak Burhanuddin A Rasyid tokoh masyarakat Kabupaten Sambas," ujar Bupati Satono, Selasa (7/11/2023).

Disebutkan oleh Bupati Satono, almarhum yang merupakan anak ketiga dari tujuh bersaudara berhasil membuat perubahan di Kabupaten Sambas. Sehingga Kabupaten Sambas bisa dikenal.

"Salah satu karya dari Bapak Burhanuddin A Rasyid adalah membawa Kabupaten Sambas menjadi Pusat Kawasan Strategis Nasional, dan sekarang kita kenal dengan PLBN Aruk," katanya.

"Dalam membangun Sambas, ia juga memperhatikan keagamaan dan kebudayaan di Kabupaten Sambas. Sehingga pernah menjadi Ketua Majelis Adat dan Budaya Melayu (MABM) kabupaten Sambas, serta Ketua Parmusi Kalimantan Barat," kata Satono.

Sementara Fathan A Rasyid mewakili keluarga almarhum menyampaikan permohonan maaf untuk almarhum Ir H Burhanuddin A Rasyid.

"Dia merupakan abang kandung kami, mewakili keluarga kami mohon dibukakan pintu maaf atas segala tingkah laku dan perbuatan yang dilakukan. Mungkin selama menjadi Bupati Sambas ada yang kurang berkenan, untuk itu mohon dimaafkan kesalahan yang mungkin dilakukan tanpa disengaja atau disengaja," katanya.

Rasa kehilangan atas kepergian Burhanuddin A Rasyid juga disampaikan oleh Elpani, satu diantara pelayat yang turut mengantarkan jenazah Burhanuddin A Rasyid ke peristirahatan terakhir.

"Bapak Burhanuddin A Rasyid merupakan tokoh masyarakat Kabupaten Sambas, dia merupakan pemimpin yang telah membawa perubahan di Kabupaten Sambas. Banyak jasa yang telah diperbuat selama hidupnya, semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT dan ditempatkan di tempat orang-orang yang Sholeh," kata Elpani.

Share:
Komentar

Berita Terkini