BNN Gelar Deklarasi Sambas Bersih Narkotika di Aruk

Editor: Redaksi

 

Kepala BNN RI menghadiri deklarasi Sambas Bersih Narkotika di PLBN Aruk, Rabu (5/6/2024).

Sambas - Badan Narkotika Nasional (BNN) RI menggelar deklarasi Sambas Bersih narkotika, di area PLBN Aruk Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas, Rabu (5/6/2024).

Deklarasi Sambas Bersih Narkotika dihadiri oleh Kepala BNN Republik Indonesia, Komjen Pol Marthinus Hukom, S.I.K,M.SI, Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat dan Forkopimda Kabupaten Sambas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh adat serta pelajar dan mahasiswa dari 9 Desa di wilayah perbatasan. 

Tujuh Desa dari Kabupaten Sambas diantaranya Desa Kaliau', Desa Santaban, Desa Sabunga, Desa Senatab, Desa Sungai Bening, Desa Sebubus, Desa Temajuk serta dua Desa di Kabupaten Bengkayang yakni Desa Gersik dan Desa Sinar Baru.

"Sebagai bentuk Komitmen bersama antara Pemerintah Kabupaten Sambas dengan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat. Dilaksanakan Deklarasi melawan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba dalam rangka mendukung "Sambas Bersih Narkotika" yang bertempat di PLBN Aruk Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat," ujar Kepala BNN.

Melalui Deklarasi ini diharapkan seluruh elemen yang ada baik Pemerintah, Swasta maupun masyarakat memiliki pemahaman, persepsi, dan komitmen yang sama tentang pentingnya sinergi, kolaborasi, dan kerjasama dalam melawan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan juga penanaman pohon secara simbolis oleh Kepala BNN RI, PJ Gubernur Kalbar, Kapolda Kalbar, Bupati sambas, Direktur Jenderal Holtikultura, Pangdam XII Tanjung Pura, Deputi Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP RI dan pemberian bantuan bibit tanaman dan Buah untuk tingkatkan Ekonomi dari Dirjen Holtikultura sebanyak 900 bibit tanaman kepada 9 Desa di daerah perbatasan.

Selain itu turut juga dilaksanakan pameran di pasar wisata PLBN Aruk yang menampilkan Produk UMKM dari beberapa Desa di perbatasan Aruk dan Layanan Konseling serta contoh contoh Narkotika dari BNNP Kalimantan Barat kepada Masyarakat yang dilanjutkan Press Confrence bersama awak media lokal, Nasional dan Internasional di Tugu Garuda PLBN Aruk.

Share:
Komentar

Berita Terkini