Dewan Sambas Apresiasi Festival Durian Distan Kalbar

Editor: redaksi


Sambasnews-Gelaran festival durian yang akan digelar oleh Dinas pertanian provinsi Kalbar, disambut baik dan diapresiasi oleh anggota DPRD kabupaten Sambas, Eko Suprihatino, SP.

Ia mengatakan kabupaten Sambas juga mempunyai durian yang bagus, sehingga tidak kalah dengan durian daerah di Kalbar.

"Kita mengapresiasi dinas pertanian provinsi yang akan melaksanakan festival durian se-kalimantan Barat hari ini, tentu melalui itu akan memperkenalkan durian yang terbaik di Kalbar, namun sayang di Sambas pada bulan Agustus ini durian yang berkualitas baik yang ada di Kabupaten Sambas belum panen," ujar Eko, di Sambas.

Namun lanjut Eko, untuk ikut festival tersebut pihak terkait masih tetap berupaya mendapatkan buah durian yang sudah matang.

"Sambas ini sebetulnya banyak sekali durian unggulan Kalbar yang bisa menyaingi kabupaten yang lain," katanya.

Dengan banyaknya durian unggulan yang ada di Sambas, politisi partai keadilan sejahtera (PKS) ini mendorong Dinas pertanian kabupaten Sambas agar mematenkan durian tersebut.

"Termasuk, saya akan mendorong Dinas Pertanian Kabupaten Sambas untuk mematenkan durian unggulan kabupaten Sambas. Karena banyak durian seperti durian dari Lumbang durian dari Sawah, Sajingan Besar dan lain sebagainya. Bahkan bila perlu Dinas Pertanian Kabupaten Sambas, juga dapat menggelar festival durian sendiri," jelas Eko.

Untuk festival katanya sebaiknya dilakukan pada bulan-bulan yang tentunya sudah musim buah durian.

"Seperti pada bulan Nopember dan Desember, karena ketika itu durian dari berbagai wilayah di Sambas sudah panen. Jadi nanti dinas pertanian, bisa diseleksi mana yang terbaik. Sehingga kedepannya, bisa untuk ikut festival durian tingkat Kalimantan Barat," katanya.

Dan tidak hanya itu lanjutnya, apabila menjadi juara dan sebagainya tentunya bisa dijadikan pembibitan dan dikembangkan.

"Dikembangkan dan dikenalkan secara nasional, bahwa durian Sambas juga tidak kalah dengan durian durian daerah lain," ucap Eko.
Share:
Komentar

Berita Terkini