Kabut Asap Tebal Legislator Minta Dinkes Lebih Banyak Bagikan Masker

Editor: redaksi


Ferdinan solihin anggota DPRD kabupaten Sambas 

Sambasnews (Sambas) -Anggota DPRD Kabupaten Sambas Ferdinan Solihin meminta Pemerintah kabupaten Sambas untuk serius menangani kabut asap yang menyelimuti kabupaten Sambas saat ini.

Anggota dewan dari Partai PDIP ini menegaskan agar Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas untuk terus menyebarkan masker secara massif.

"Kondisi sekarang ibarat negeri di atas awan, kabut asap kian parah akan tetapi masyarakat tetap harus beraktifitas sebagaimana biasa, karenanya dinas kesehatan harus turun untuk memberikan masker kepada warga," ujar Ferdinan, Senin di Sambas.

Selain itu katanya, Dinas Kesehatan juga diminta untuk menyiapkan diri atas kemungkinan akan meningkatnya penyakit yang disebabkan oleh kabut asap tersebut.

"Puskesmas, Rumah Sakit dan unit pelayanan kesehatan lainnya mesti bersiap untuk melayani masyarakat yang terkena penyakit saluran pernapasan akibat kabut asap, jangan sampai ada jatuh korban,"katanya.

Ferdinan juga menjelaskan, kabut asap yang diakibatkan oleh terbakarnya lahan juga harus diantisipasi.

"Yang kita ketahui di beberapa tempat di Kabupaten Sambas terjadi kebakaran hutan dan lahan, karena itu upaya pemadaman harus digalakkan, peningkatan alat dan sarana pemadaman mestilah dilakukan,"tuturnya.

Legislator dapil Tebas dan Tekarang ini juga meminta, agar kebakaran yang terjadi mestilah diselidiki dan dilakukan langkah hukum.

"Harus tegas dan ditangkap jika memang terdapat pelakunya, jangan sampai kebakaran lahan yang terjadi adalah ulah mereka yang ingin membuka lahan perkebunan, baik itu perseorangan maupun korporasi," kata Ferdinan. (Gindra)
Share:
Komentar

Berita Terkini