Desa Serunai Bersama Bank Kalbar Terima Penghargaan Terkait TKI

Editor: redaksi

Pengahargaan yang diterima desa Serunai dan Bank Kalbar dari LTSA


Sambasnews.com (SAMBAS)- Bank Kalbar dan desa Serunai kecamatan Salatiga mendapatkan penghargaan dari Layanan terpadu satu atap (LTSA) Sambas. Bank Kalbar mendapatkan penghargaan Kategori Bank Peduli Pekerja Migran Indonesia.
Kepala Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat (Bank Kalbar), Sukardi menerima langsung penghargaan yang di berikan kepada Bank Kalbar. Dengan Kategori Bank Peduli Pekerja Migran Indonesia yang diterima oleh Kepala Cabang Bank Kalbar Kabupaten Sambas.

"Jadi memang penghargaan ini diberikan dinas tenaga kerja kepada Bank Kalbar dan B4TKI, karena kita selama ini bekerjasama. Dalam rangka pengiriman tenaga kerja migran Indonesia ke Malaysia," ujar Sukardi.

Selama ini lanjut Sukardi, Bank Kalbar memang konsisten untuk membantu para pekerja migran di luar negeri dan yang akan berangkat untuk membuat rekening dan lain sebagainya.

Agar bisa di gunakan untuk membangun dan juga mengirim uang kepada keluarga di Indonesia.

"Mereka mau berangkat kerja kita buatkan rekening, ATM dan buku tabungan, itu yang kita lakukan selama ini. Dengan demikian bisa buat menabung, sehingga bisa digunakan untuk mereka mengirim ke keluarga di Indonesia," katanya.

Sementara itu, terkait rencana Konsulat Jenderal RI di Khucing yang akan menyiapkan tempat bagi Bank Kalbar di Kuching. Sukardi menyambut baik, ia katakan itu peluang bagi Bank Kalbar, dan bisa di maksimalkan.

"Itu peluang, karena ada ribuan TKI kita di Malaysia khususnya di Khucing, maka itu peluang. Terkait dengan regulasi yang diatur, nanti seperti yang disampaikan pak Konjen mudah-mudahan bisa direalisasikan dan kami juga akan sampaikan kepada menajemen bank Kalbar," katanya.

"Kalau bagi saya ini peluang, karena ada ribuan TKI yang bisa menyimpan uang di Bank Kalbar, itu harapan kita," tuturnya.

Sedangkan Desa Serunai, Kecamatan Salatiga yang juga menerima penghargaan. Yang diserahkan oleh Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili, lansung kepada Kepala Desa Serunai Imran Husin.

Diungkapkan oleh Imran, terdapat ratusan pekerja migran asal Serunai  yang sudah terdaftar dan menggunakan jalur resmi.

"Kurang lebih ada ratusan yang terdaftar dari jalur resmi, mereka bekerja di daerah Binntulu dan Miri," katanya. 

Dirinya selaku Kades membantu masyarakat agar bisa bekerja dengan jalur resmi ke luar negeri.

"Sesuai dengan instruksi Bapak Bupati, Mereka di bantu untuk membuat surat menyurat dan administrasi mulai dari kantor Desa," ungkapnya.

Sementara itu, setelah mereka bisa bekerja dengan jalur resmi. Maka selanjutnya masyarakat akan bekerja diluar negeri, dengan kurun waktu kurang lebih dua tahun, dengan opsi perpanjangan.

"Kalau paspor itu melalui PT, karena mereka yang menyalurkan. Kontrak rata-rata selama dua tahun, tapi bisa di perpanjang sampai 5 tahun sampai dengan habis masa berlaku paspor," terang Imran. (Gindra)
Share:
Komentar

Berita Terkini