MUI Sambas Minta Khatib Ikut Sampaikan Bahaya Narkoba

Editor: Redaksi author photo
Peserta pelatihan Imam dan Khatib oleh MUI Kabupaten Sambas


Sambasnews.com (SAMBAS)- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sambas menggelar pelatihan Imam dan Khatib Kamis di aula Bakuda kabupaten Sambas, kepada pengurus MUI kabupaten Sambas, Perwakilan MUI kecamatan se-kabupaten Sambas, tokoh agama dan unsur masyarakat.

Ketua MUI kabupaten Sambas H. Syamsuri S.Ag, mengungkapkan,  tantangan umat Islam hari ini adalah masalah pendangkalan Akidah, penguatan ilmu dan pemahaman Agama di masyarakat.

Selain itu turut juga disampaikan terkait faham radikal, baik radikal kiri seperti liberal dan sekuler. Maupun radikal kanan, fundamental.

Oleh itu, Syamsuri mengingatkan agar tokoh agama, seperti Imam dan Khatib harus peka terhadap isu tersebut.

"Tidak menambah masalah dan menjadi penyejuk bagi umat Islam," katanya.

Ketua MUI melalui kegiatan yang digelar, semakin peduli dan memahami konteks pembinaan.

"Semoga dengan diadakannya kegiatan pelatihan imam dan Khatib ini, para Imam dan Khatib akan semakin peduli dan memahami konteks pembinaan di Kabupaten Sambas. Tidak hanya melulu membaca khutbah, tapi juga memahami serta menyampaikan pesan agama sesuai konteks kekinian," harap H Syamsuri.

Sedangkan Dr Sumar'in yang juga sekretaris MUI Kabupaten Sambas, yang menjadi narasumber dalam kesempatan tersebut mengingatkan sebagai Imam dan Khatib harus peka terhadap masalah dan kondisi sekitar.

"Kita jangan hanya berkutat menyampaikan pesan-pesan agama dalam kontek Ibadah, melulu membahas masalah khilafiyah. Khatib juga harus mengangkat isu tentang bahaya Narkoba, isu menjaga moral anak, Dosa Cabul," katanya.

Karena lanjutnya, tema ini merupakan isu yang krusial untuk diatasi atasi di Kabupaten Sambas. (Gindra)
Share:
Komentar

Berita Terkini