Bupati Minta Kades Identifikasi Potensi Desa

Editor: Redaksi
Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili bersama ratusan kepala desa se-kabupaten Sambas

Sambasnews.com, (SAMBAS)-Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili, meminta semua komponen desa memahami kondisi status desanya.

Telah dilantik dan dikukuhkannya Kepala desa baru akhir Desember lalu, Bupati Sambas, meminta momentum ini menjadi semangat untuk membangun dan memajukan Desa.

"Masih banyak tugas, pekerjaan yang harus kita percepat pelaksanaannya, agar capaian-capaian baik yang ingin kita hasilkan, segera terwujud. Masih banyak desa yang statusnya harus kita tingkatkan lagi," ujar Atbah.

Bupati menjelaskan, Kades baru harus segera bekerja untuk desanya.
Langkah demi langkah penting menurut dia, sudah harus terpikirkan sejak mencalonkan diri.

"Ketika sudah dinyatakan sebagai pejabat kades, dilantik dan dikukuhkan, segeralah bekerja, tetap harus sesuai koridor aturan, pahami aturannya. Identifikasi Potensi Desa, rangkul semua komponen yang ada untuk mencarikan solusi terbaik menggali potensi dimaksud," tegas Atbah.

Tidak hanya potensi, Atbah mengingatkan agar peta kendala yang dihadapi selama ini, terutama desa tertinggal dan sangat tertinggal, benar-benar valid.

Data-data yang ada didesa harap Bupati, terstruktur, mudah dibaca, diakses dan validitasnya terjamin.

 "Kades juga harus tau kondisi real dan kaitannya dengan data yang ada. Misalnya, data rumah tangga miskin, dilapangan, kades harus bisa menunjukkan mana objeknya, kades bisa mempertanggung jawabkan data tersebut dengan baik," imbuh Atbah.

Dalam merancang perencanaan pembangunan desa yang tertuang dalam APBDes termasuk di Wadah MusrenbangDes, Bupati memerintahkan agar sejalan dengan Visi Misi Pembangunan Daerah. Saran dia, setiap desa sekarang ini memulai mengemas produk unggulannya.

"Peluang membangun memajukan desa saat ini terbuka lebar. Alhamdulillah, Anggaran di desa memberikan ruang yang baik agar pihak desa lebih leluasa mengelola pembangunan karena dukungan anggaran yang besar," sebut dia.

Bupati mengemukakan kemudahan ekspor di PLBN Aruk, Sajingan Besar, harus dimanfaatkan dengan baik semua desa. Dalam hal ini, Bupati minta desa harus berlomba-lomba memanfaatkan peluang ini.

"Hasil komoditi kita banyak yang bisa diekspor, bagaimana ini ditangkap oleh pihak desa. Secepatnya, jangan kita hanya jadi penonton," ungkapnya.

Yang tak kalah penting dipaparkan Bupati kepada Desa dan seluruh komponen aparaturnya, perhatian pada keberadaan orang miskin. Dia minta desa mengambil langkah nyata.

"Rancang dan lakukan program kegiatan yang bisa menyentuh langsung warga kita yang kurang mampu, bagaimana kedepannya, fakta angkan kemiskinan berkurang. Maksimalkan penggunaan dana desa," pesan Bupati. (Gindra)
Share:
Komentar

Berita Terkini