Temui Wakil Menteri Agama Pemkab Sambas Terus Dorong Penegerian IAIS

Editor: Redaksi author photo

Wakil Bupati Sambas saat bertemu wakil menteri agama RI di Pontianak

Sambasnews.com, (SAMBAS)-Pemerintah kabupaten Sambas terus berupaya,
mendorong penegerian Institut Agama Islam Sambas (IAIS) Sambas menjadi IAIN Sambas. Salah satu upaya tersebut dengan menemui Wakil Menteri Agama RI ketika sedang berkunjung ke Pontianak.

Wakil Bupati Sambas, Hairiah bertemu dengan wakil menteri agama guna mendorong penegerian IAIS menjadi perguruan tinggi negeri di kabupaten Sambas.

Dalam pertemuan tersebut Hairiah juga  ditemani Asisten II, unsur pimpinan IAIS Sambas, Kakanwil Kemenag RI Provinsi Kalbar dan Kepala Kantor Agama Sambas menyerahkan secara langsung proposal usulan penegerian IAIS Sambas pada Wamen Kemeneg RI, H. Zainut Tauhid Saadi, Jumat di Hotel Orchard Pontianak.

Percepatan Penegrian IAIS Sambas, kata Hairiah adalah harapan besar dari seluruh Masyarakat Sambas yang sudah lama di ikhtiarkan.

"Ya, penegrian IAIS Sambas dianggap sangat strategis, karena Sambas merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, serta mayoritas Islam," ungkapnya.

Pemda Sambas dilanjutkan Hairiah berkomitmen dan siap membantu proses penegerian IAIS Sambas termasuk penyediaan lahan yang disyaratkan oleh pihak kementrian.

Wakil Rektor I IAIS Sambas, Dr. H. Sumar'in menjelaskan, usulan penegerian IAIS Sambas telah dilakukan semenjak tahun 2015. Bahkan secara administratif, persyaratan penegerian sesungguhnya sudah terpenuhi semua sejak tahun 2016, dimana usulan persetujuan penegerian sudah dikirim dari pihak Kemenag RI dan KemenPANRB.

"Sehingga saat ini, kami tinggal menunggu proses penilaian dari KemenPanRB serta persetujuan dan penandatangan SK Penegrian dari Presiden RI," tuturnya.(Gindra)
Share:
Komentar

Berita Terkini