Horti Mart Hadir Sejahterakan Petani

Editor: Redaksi



Sambasnews.com (PONTIANAK)-Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat resmi membuka Horti mart di yang berada di samping kantor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Launching Horti mart tersebut juga di hadiri oleh seluruh kepala bidang di ruang lingkup Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Staf Bidang Hortikultura dan Manajer Horti mart.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat Florentinus Anum mengatakan, launching Horti mart sebagai bentuk tahapan proses dalam membantu petani mendapatkan harga yang baik.

"Kita tidak menyadari dalam proses produksi mulai benih, olah tanah, pupuk, panen dan di packing hilirnya itu tetap pasar," ujar Florentinus Anum, Jumat (19/11/2021).

Dijelaskan oleh Kadis, tujuan pembangunan pertanian segmen pasar yang sangat berpengaruh, salah untuk kesejahteraan petani. Karena produksi rentan terhadap fluktuasi harga dan mutu, dan itu katanya harus di tingkatkan terus, jangan hanya tergantung kepada satu komoditi saja. 

"Adanya Horti mart ini sangat strategis, dan ini harus di ingat. Percuma produksi tinggi tapi harganya anjlok, oleh karena itu hal ini menjadi perhatian kita, strategi pembangunan pertanian fokus pada intensifikasi. Mulai dari hulu sampai ke hilir, berbasis kawasan menjadi produksi mudah kita peliharanya," jelas Anum.

Florentinus Anum juga menekankan, untuk pengelola Horti mart  harus bermitra. Sehingga bisa mendapatkan harga yang minimal, dan tentunya juga kalau banyak harus kerjasama dengan pabrik.

"Ini juga sebagai tahapan dalam kita membangun dunia pertanian yang lebih baik," ucapnya.

Kadis juga berharap, dengan adanya Horti mart dapat menentukan harga. 

"Tentu kita bisa menentukan harga yang ideal, pasti lebih rendah dari pasar, tentu ini yang kami terapkan. Semoga bisa berjalan dengan baik, ini menjadi icon kita di pertanian, ini juga nanti bisa buka di tempat lain, gunakan aplikasi online untuk menjangkau pasar," pesan Kadis.

"Semoga bisa memberikan dampak yang positif bagi petani kita, hasil produksi kita juga nanti bisa kita tampung di sini," tutup Kadis

Manajer Horti mart, Suderman mengaku senang dan memberikan apresiasi kepada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat. Yang telah mempercayakan kepadanya untuk mengelola Horti mart tersebut.

"Tentu dalam hal ini saya merasa senang dan apresiasi, karena telah di berikan kepercayaan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat untuk mengelola Horti mart," katanya.

Dengan hadirnya Horti mart lanjut Suderman, juga menjadi sebuah kebahagian bagi petani. Karena sebuah wadah pasarnya sudah ada, yang memang sudah di monitor langsung oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura.

"Fokus Horti mart tidak hanya di pusat kota Pontianak, harapan kita ke depan akan kita buka juga di setiap Kabupaten yan ada di Kalimantan Barat dengan menggandeng para petani yang ada di setiap Kabupaten Kota," kata Suderman.

Share:
Komentar

Berita Terkini