Dewan Minta Pemkab Siapkan Diri Kemungkinan Peningkatan ODP

Editor: redaksi
Erwin Johana


Sambasnews.com (SAMBAS)-Wakil Ketua komisi B DPRD kabupaten Sambas Erwin Johana mengatakan, berkurangnya Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Sambas yang diumumkan beberapa hari yang lalu, patut di syukuri walaupun kembali terjadi penambahan ODP.

"Alhamdulillah jika pada saat itu ODP di Kabupaten Sambas sudah mulai dalam tren penurunan, ini mesti kita syukuri dan berharap agar kondisi ini terus berlanjut, sehingga keadaan yang normal sedia kala kembali terasa," ujarnya.

Politisi PKB ini menyebutkan, kondisi tersebut tak harus membuat Pemerintah dan Tim Gugus Tugas mengendurkan intensitas dan kewaspadaan mereka, hal yang sama juga mesti ditekankan kepada seluruh unsur masyarakat.

"Jangan sampai lengah dan tetap lakukan penguatan program penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Sambas, bagaimanapun pergeseran anggaran tetap dilakukan agar upaya kita bisa maksimal," tegasnya.

Erwin mengingatkan bahwa ODP ini bisa saja bertambah seiring akan memasuki Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

"Masih banyak warga Kabupaten Sambas yang berada di Luar Negeri yakni Malaysia, mereka adalah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang akan pulang kampung saat Ramadhan menjelang Idul Fitri, nah Pemda harus tetap siap dan sigap untuk mengantisipasi ini, pos terpadu harus lebih kuat dan intens di PLBN Aruk, serta penjagaan di Pintu Batas Desa Temajuk Paloh, serta antisipasi mereka yang juga pulang dari jalur Entikong," ingatnya.

Hal ini kemudian kata Erwin, memerlukan kerja keras seluruh anggota Satuan Gugus Tugas Covid-19 di Sambas.

"Dengan serbuan kepulangan PMI yang kian ramai nanti, artinya pemerintah mesti menyiapkan ruang khusus yang lebih besar untuk melakukan pemeriksaan terhadap pelintas secara detil, ADP yang lebih banyak, serta tenaga medis yang banyak pula," tuturnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini