Ivandri Minta Pemkab Sambas Bantu Korban Kebakaran Pasar Semparuk Sebangkau

Editor: Redaksi
Warga saat melihat kebakaran yang menghanguskan pasar Semparuk Sebangkau

Sambasnews.com (SAMBAS)- Anggota DPRD kabupaten Sambas, Ivandri meminta Pemerintah kabupaten Sambas, untuk membantu warga yang terkena musibah kebakaran Pasar Semparuk Sebangkau kecamatan Semparuk.

Legislator PPP ini mengatakan, bantuan dari pemerintah daerah menurutnya berupa bantuan pembangunan kembali pasar Semparuk Sebangkau.

"Pasar Semparuk Sebangkau merupakan pasar lama, yang pada saat akses jalan darat masih tidak ada merupakan pasar yang sangat ramai. Ketika itu orang-orang masih memanfaatkan jalur sungai dan kanal untuk bertransportasi dan distribusi barang," ujar Ivandri, Selasa.

Dikemukakan oleh Ivandri, Seiring terbukanya akses jalur darat. Bermunculan pasar-pasar yang baru, hingga akhirnya lama kelamaan pasar Semparuk Sebangkau tidak seramai seperti dahulu.

"Namun pasar Semparuk Sebangkau merupakan tempat bersejarah, bagi perkembangan ekonomi di daerah Semparuk dan aliran sungai Sebangkau pada khususnya," ungkap Ivandri.

Atas dasar tersebut, anggota dewan asal Pemangkat ini mendorong pemerintah kabupaten membantu membangun kembali pasar tersebut.

"Oleh karena itu, sebaiknya Pemda Sambas ikut membantu dalam pembangunan kembali pasar ini. Jika tidak dibantu saya meyakini pasar ini akan punah. Apalagi warga yang menghuni pasar Semparuk Sebangkau, termasuk golongan yang tidak mampu. Kalau di biarkan tanpa adanya uluran tangan pemerintah kabupaten Sambas, saya tidak yakin bangunan bisa didirikan kembali," kata Ivandri.

Sebelumnya pada Senin siang kemarin, pasar Semparuk Sebangkau hangus terbakar. Musibah kebakaran menghanguskan 19 rumah dan rumah toko, yang merupakan tempat tinggal dan tempat berusaha penghuni rumah dan rumah toko tersebut.

Akibat kebakaran tersebut, korban mengalami kerugian mencapai Rp 1,5 miliar.
Share:
Komentar

Berita Terkini