Kisah Sukses Nanang Raup Jutaan Rupiah Tiap Panen, Kembangkan pohon Buah Naga di Sentebang

Editor: Redaksi

 

Nanang Kurniawan memperlihatkan buah naga di kebun miliknya di desa Sentebang kecamatan Jawai

Sambasnews.com (SENTEBANG)- Menanam pohon buah naga yang dilakoni oleh Nanang Kurniawan, warga desa Sentebang kecamatan Jawai kabupaten Sambas tidak langsung meraup untung. Ia harus berulang kali menanam pohon buah naga, hingga bisa mencapai saat ini sebanyak lebih dari 2000 pohon miliknya.

Ia mengungkapkan, dari hasil jerih payahnya yang dilakoni saat ini. Dirinya dapat meraup tidak kurang Rp 8 juta, dalam setiap kali panen buah naga miliknya.

"Saat pertama menanam pohon buah naga, hasilnya kurang memuaskan. Bahkan dikarenakan masih minim pengetahuan bercocok tanam pohon buah naga, tanaman pertama buah naga harus dimusnahkan setelah terserang penyakit pada tanaman tersebut," ujar Nanang, Selasa.

Tidak menyerah begitu saja, ia kembali lagi menanam pohon buah naga dilahan yang dulu pernah ia tanami.

"Dari pengalaman yang dialami ketika pertama kali menanam dan juga banyak bertanya kepada kawan-kawan petani lainnya, akhirnya hingga saat ini pohon buah naga yang ditanam sudah membuahkan hasil," katanya.

"Satu hektar lebih lahan yang sudah ditanami buah naga, Alhamdulillah sekarang sudah bisa menghasilkan sedikitnya satu ton setiap kali panen," jelas Nanang.

Dari satu ton buah naga tersebut sebut Nanang, dapat menghasilkan Rp 8 juta setiap kali panen.

Dikemukakan oleh Nanang, pohon buah naga sejak dari mulai berbunga hingga masa panen memerlukan waktu satu bulan hingga 40 hari agar bisa dipanen.

"Jadi dalam waktu kurang lebih satu bulan, buah naga sudah bisa di petik untuk dipanen," sebutnya.

Menanam pohon buah naga menurut Nanang, hanya memerlukan waktu selama delapan untuk bisa dipanen.

"Saat ini tanaman buah naga yang saya tanam sudah berumur dua tahun, seiring peningkatan usia tanaman biasanya hasil panen juga akan meningkat," ungkap Nanang Kurniawan.

Share:
Komentar

Berita Terkini