Abu Bakar dan Ferdinan Syolihin Apresiasi Capaian Skoring Baik RPJMD Bupati Atbah

Editor: Redaksi

 


Sambasnews.com (SAMBAS)- Ketua DPRD Kab Sambas, H Abu Bakar SPd I turut berbangga atas capaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sambas pada Akhir Masa Jabatan Bupati Wakil Bupati 2016-2021, raihan skoring indek kinerja daerah yang dihasilkan masuk kedalam kategori baik. 

Hasil evaluasi capaian RPJMD yang telah diperiksa oleh Inspektorat Provinsi Kalimantan Barat beberapa waktu lalu, diumumkan oleh Bupati Sambas H Atbah Romin Suhaili Lc MH diakhir sambutannya pada paripurna terakhir sebagai Bupati 2016-2021 di Ruang Sidang Utama DPRD beberapa hari lalu. Dimana berdasarkan nilai peringkat kinerja dan pembobotan atas 3 aspek memperoleh total skor sebesar 85,56 persen dengan kriteria capaian nilai peringkat "BAIK". 

"Kami turut berbahagia dan bangga atas capaian tersebut. Tentunya apa yang dikemukakan Bupati tersebut sebagai usaha bersama, baik eksekutif dan legislatif. Kedepannya juga harus bersama-sama meningkatkan lagi capaian prosentase ke angka yang lebih tinggi lagi," ujar Abu Bakar. Ia menambahkan, hasil capaian tersebut membuktikan kerjasama, sinergitas, komunikasi dan koordinasi serta kekompakan eksekutif dan legislatif dalam proses pembangunan di Kabupaten Sambas terjalin dengan baik. 

Dikatakan Politisi Partai Gerinda ini, lembaga yang dipimpinnya siap menjadi mitra eksekutif Pemda Kabupaten Sambas dalam mewujudkan RPJMD Kabupaten Sambas meraih capaian yang lebih baik lagi. 

"Kita ketahui, skala nilai peringkat kinerja kita ada kategori sangat kurang, kurang, sedang, baik dan sangat baik. Sekarang ini kita masuk zona Baik, dan masih terbuka peluang untuk menjadi Sangat Baik. Inilah tugas bersama kita mewujudkannya," imbuh Abu Bakar. 

Senada dengan Ketua DPRD Kabupaten Sambas, Wakil Ketua DPRD, Ferdinan Solihin, juga mengungkapkan hal yang sama. Dia mengapresiasi capaian skoring indikator Kinerja Daerah Kabupaten Sambas, hasil pemeriksaan akhir masa jabatan Bupati - Wakil Bupati 2016-2021 oleh inspektorat provinsi Kalbar masuk kategori Baik. 

"Capaian itu harus kita syukuri, dengan bersyukur, insyaAllah saya yakin, Allah akan menambah nikmat yang lebih baik lagi, insyaAllah kita bisa capai kategori nilai peringkat kinerja Sangat Baik," tutur Ferdinan. 

Legislatif dari PDI Perjuangan ini mengatakan masih banyak pekerjaan rumah dalam membangun kabupaten Sambas yang harus dibenahi bersama. 

Pria yang akrab disapa Long Ferdinan ini mengingatkan pentingnya memberikan prioritas melakukan upaya peningkatan kinerja yang dituangkan dalam strategi, arah kebijakan program pembangunan daerah. 

"Terutama pada indikator kinerja yang capaiannya masih kurang atau dibawah 75 persenpada periode RPJMD kab Sambas berikutnya," ungkap Ferdinan. 

Hal lain yang ditambahkan Wakil Ketua ini, agar penyusunan RPJMD Kabupaten Sambas kedepan mempedomani Permendagri Nomor 86 tahun 2017, terutama dalam penetapan Indikator Kinerja per aspek mengacu sesuai kriteria yang diatur. 

"Kami juga menyarankan agar meningkatkan tugas dan fungsi Bappeda melakukan evaluasi atas akhir RPJMD periode berkenaan dan menindaklanjuti bersama-sama OPD terkait atas Indikator Kinerja Daerah realisasi capaiannya," ingat dia. (RI)

Share:
Komentar

Berita Terkini