Elpani:Posko COVID-19 Desa Sudah Direalisasikan

Editor: Redaksi
Elpani



Sambasnews.com (TEBAS)-Ketua Asosiasi perangkat desa (Apdesi) kecamatan Tebas, Elpani mengatakan, adanya sosialisasi Posko COVID-19 Desa oleh pihak kecamatan Tebas dirasakan dapat membantu dalam memperoleh informasi penanganan COVID-19.

"Sebetulnya untuk penanganan COVID-19 di desa kita sudah diberi arahan komperehensif dari Camat, Koramil maupun Polsek, akan tetapi untuk koordinasi dalam sosialisasi Posko COVID-19 Desa kemarin sangat berkesan sekali," ujar Elpani.

Dikatakan kesan yang didapat, pihaknya selaku kepala desa dapat pemahaman terkait penanganan COVID-19. 

"Terutama kami kepala desa, tentang regulasi yang harus diterapkan secara baik dan benar. Koordinasi tersebut juga dapat menguatkan kami dalam penanganan vaksinasi dan juga isolasi mandiri," kata Kades Pusaka kecamatan Tebas ini. 

Disebutkan jika selama ini masih ada stigma negatif terkait pelaksanaan vaksin.

"Selama ini mungkin vaksinasi itu mungkin ditakuti oleh masyarakat, namun setelah ini telah menguatkan kita untuk mensosialisasikan ke masyarakat didesa. Sehingga masyarakat lebih efisien dalam penanganan pandemi COVID-19 ini," sebut Elpani.

Sementara adanya Posko COVID-19 Desa dijelaskan oleh Elpani, sudah diterapkan pada desa-desa di kecamatan Tebas.



"Persiapan sarana posko PPKM karena memang sudah ada regulasi melalui refocusing dari 8 persen dari APBDes, maka anggaran itu sudah kami alokasi kan untuk posko COVID-19 desa mulai tingkat RT sampai tingkat desa. Kemudian dilengkapi juga dengan susunan tim Pokja satgas yang menangani COVID-19 di desa dengan melibatkan mulai dari Kades, BPD dan unsur yang lainnya," papar Elpani.


Share:
Komentar

Berita Terkini