Rektor Harap Bupati Satono Bantu Realisasikan Penegerian IAIS Sambas Secepatnya

Editor: Redaksi

 

Bupati Sambas H Satono saat hadiri Dies Natalis ke-15 IAIS Sambas, Selasa (22/6/2021)

Sambasnews.com (SAMBAS)-Rektor IAIS Sambas Jamiat Akadol berharap, dengan kepimpinan bupati Sambas yang baru dapat memajukan kabupaten Sambas serta dapat membantu percepatan penegrian IAIS Sambas.

Harapan tersebut disampaikan oleh Rektor IAIS Sambas dalam Dies Natalis ke-15 IAIS Sambas, yang dihadiri oleh Bupati Sambas H Satono, Selasa (22/6/2021) di Rektorat IAIS Sambas.

"Kita sangat berharap dijaman bupati Sambas H Satono, dapat memajukan kabupaten Sambas dan dapat merealisasikan Penegerian IAIS Sambas secepatnya," ujar Jamiat Akadol, Selasa.

Dipaparkan oleh Rektor IAIS, sejak perpindahan ibu kota kabupaten Sambas ke kota Sambas IPM Sambas terjun bebas. 

"Alhamdulillah dengan waktu relatif singkat Sambas berkembang pesat, sehingga pada   2006 kita disetujui menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT). Setelah itu pada tahun 2010 berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta (STAIS), kemudian pada tahun 2014 menjadi institut agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin (IAIS) dan merupakan institut pertama di Kalimantan," papar Jamiat.

Rektor mengemukakan untuk penyelenggaraan strata2 (S2), baru IAIS yang menyelenggarakan dan mengadakan ditingkat institut swasta.

"Untuk tingkat swasta, kita di IAIS Sambas adalah yang pertama menyelenggarakan S2 sehingga kita menjadi percontohan di Kalimantan," ungkapnya.

Jamiad menjelaskan upaya penegrian IAIS Sambas, sudah dilakukan sejak tahun 2015 silam dan telah disetujui oleh menteri agama pada Juni 2016. Namun hingga sekarang masih bergantung pada Kemenpan.

"Maka ini merupakan bukti, tanpa dukungan pemerintah proses Penegerian IAIS akan sulit terealisasi. Untuk itu kita berharap, agar bupati Sambas dapat mendorong IAIS Sambas menjadi IAIN Sambas," katanya.

Dimasa Pemdemi COVID-19 disampaikan Rektor banyak kendala yang dihadapi IAIS Sambas, salah satu minat untuk kuliah terkendala dan perkuliahan juga terhadap.

"Akibat pandemi COVID-19 saat, kami di IAIS Sambas agak kesulitan untuk berkembang dengan baik. Namun saya yakin dengan bantuan Pemkab Sambas, berkeyakinan IPM kita akan melonjak naik," tutup Jamiat.

Share:
Komentar

Berita Terkini