Wabup Fahrur Rofi Dukung Gapoktan Tunas Baru Selakau, Produksi Beras Kemasan Serumpun

Editor: Redaksi

 

Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi menerima saat menerima perwakilan Gapoktan Tunas Baru Selakau


Sambasnews.com (SAMBAS)-Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sambas siap memfasilitasi dan mendukung agar produk beras merek lokal petani daerah ini masuk dan dijual di minimarket atau lainnya. 

Kesiapan tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati, setelah menerima perwakilan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tunas Baru Selakau beberapa hari yang lalu.

Kesiapan tersebut ditegaskan Wakil Bupati Namun dengan catatan, agar produsen beras lokal bisa menjaga kualitas serta bisa memenuhi stok beras secara berkelanjutan.

“Pemkab Sambas mengapresiasi jika ada petani Kabupaten Sambas, berani memproduksi beras lokal. Kami akan dukung dalam hal pemasarannya,” ujar Wakil Bupati Sambas.

Pemerintah Kabupaten Sambas, sebut Fahrur Rofi, melalui Diskumindag akan membuka keran agar produksi beras lokal, bisa masuk dan dijual di pasar maupun minimarket. 

“Kalau sudah masuk ke ranah minimarket, tentu harus mengikuti aturan main mereka. Misalnya bagaimana menjaga kualitas, kemudian siapkah secara kontinyu menyiapkan stok. Misalnya kalau premium harus beras premium terus, kemudian di satu minimarket harus disiapkan stoknya berapa sesuai aturan main mereka. Jangan sampai sekarang ada, tapi selanjutnya tak bisa memenuhi stok,” katanya.

Sehingga lanjut Wakil Bupati, bagaimana kesiapan para petani yang memproduksi beras nantinya. "Intinya, Pemkab Sambas akan mendukung langkah baik yang dilakukan petani Sambas untuk memproduksi beras lokal Premium,” katanya.

Sebagai langkah perdana melihat kesiapan petani. Wakil Bupati telah meminta produsen untuk mempersiapkan sebanyak 10 Ton beras, yang nantinya akan dipasarkan dalam Pekan Diskon sebagai rangkaian peringatan HUT Kota Sambas dan Perpindahan Ibu Kota Kabupaten ke Sambas. 

“Ini juga akan menjadi ajang promosi, nanti akan ada pekan diskon, yang diantaranya akan memasarkan beras produk petani lokal Sambas. Jadi kepada Gapoktan Tunas Baru bisa untuk menyiapkan beras produksinya,” katanya.

Sebelumnya Gapoktan Tunas Baru Selakau telah bertemu dengan Wakil Bupati di Ruang Rapat Wakil Bupati Sambas, pada Rabu 14 Juli 2021 yang lalu.

Dalam pertemuan ini, Gapoktan Tunas Baru mengharapkan Pemkab Sambas memfasilitasi pemasaran produk beras kemasan yang diberi merek Serumpun. 

Dalam pertemuan tersebut Wakil Bupati Fahrur Rofi didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kepala Bidang Perdagangan Diskumindag Sambas, serta Anggota DPRD Kabupaten Sambas.

Share:
Komentar

Berita Terkini