Mendarat Perdana, Bandara Liku Terima Pendaratan Pertama Pesawat Cassa C-212

Editor: Redaksi

 

Bupati Sambas H Satono menyambut kedatangan Panglima Komando Operasi TNI AU I Marsekal Muda TNI Ir. Tedi Rizalihadi, S. MM di Bandara Liku kecamatan Paloh

Sambasnews.com (PALOH)-Bandar Udara (Bandara) Liku, yang terletak di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat hari ini resmi digunakan. 

Bandara yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Sambas itu, sudah mulai digunakan untuk pendaratan pesawat. 

Pendaratan pesawat jenis Cassa C-212 squadron 4 milik TNI AU itu juga menjadi pesawat pertama yang mendarat di bandara Liku, Paloh. 

Panglima Komando Operasi TNI AU I Marsekal Muda TNI Ir. Tedi Rizalihadi, S. MM, secara khusus naik di pesawat terbang TNI AU tersebut, dan mendarat dengan selamat di Bandara tersebut. 

"Hari ini dalam rangka memeriahkan kemerdekaan republik Indonesia ke-76 khususnya di perbatasan Kabupaten Sambas, di Liku Paloh ini. Kita melakukan pendaratan pertama pesawat bersayap tetap, seperti yang kita lihat bersama adalah pesawat Cassa C-212 squadron 4 milik TNI AU," ujarnya, Rabu (18/08/2021).

Tedi menjelaskan, mereka sengaja melakukan pendaratan pertama pesawat bersayap tetap itu di Bandara Liku pada hari ini. Hal itu karena bertepatan dengan momentum perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76. Sekaligus memberikan kado kepada warga perbatasan. 

Diungkapkan oleh dia, sejatinya pembangunan Bandara Liku itu sudah dilakukan sejak 1976. Namun kondisinya masih belum memadai. 

"Landasan pacu ini penuh dengan sejarah dimana pada saat tahun 1976 mulai dibangun, waktu itu masih berupa batu. Dan seiring dengan adanya pembangunan mercusuar oleh Malaysia pada 2014, maka kita juga membesarkan bandara ini dengan aspal sepanjang 750 meter," katanya. 

"Ini adalah tonggak awal agar selalu ada penerbangan disini. Dan ini jadi landasan awal untuk berkembangnya bandara liku ini," harap Panglima.

Share:
Komentar

Berita Terkini