Sah! Program Berobat Gratis Satono-Rofi Mulai Berlaku Setelah di Launching

Editor: Redaksi

 

Launching program sehat Satono Rofi (Prosesar) oleh Bupati Sambas H Satono di RSUD Sambas, Selasa pagi (17/08/2021)

Sambasnews.com (SAMBAS)-Bupati Sambas H Satono dan Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi melaunching program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) atau berobat gratis untuk pasien RSUD kelas III di Kabupaten Sambas. Program itu diberi nama Program Sehat Satono-Rofi (Prosesar), yang dilaunching di RSUD Kabupaten Sambas, Selasa pagi (17/8). 

Prosesar diperuntukkan untuk pelayanan rawat inap gratis bagi pasien kelas III, di RSUD yang ada di Kabupaten Sambas. Dikatakan, program yang sudah dilaunching diperuntukkan bagi keluarga tidak mampu yang belum memiliki BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI).  

Bupati Sambas, Satono mengatakan program itu adalah salah satu visi misi unggulan Satono-Rofi saat kampanye pada  Pilkada 2020 kemarin, dan akan segera terwujud.

"Kita khawatir dengan meninggalkan generasi yang lemah, baik itu dari segi kesehatan maupun perekonomian. Karenanya kita luncurkan program berobat gratis pada hari ini," ujar Bupati, Selasa pagi (17/8). 

"Ini adalah satu diantara misi kami yang disampaikan pada saat pilkada kemarin. Dan Alhamdulillah memasuki dua bulan masa kepemimpinan kami sudah mulai berjalan. Salah satunya adalah yang kita launching pada hari ini," tuturnya. 

Diungkapkan dia, untuk mensukseskan program tersebut. Mereka sudah menyiapkan tiga rumah sakit milik pemerintah daerah untuk melaksanakan program tersebut. 

"Insyaallah, pasca kita launching nanti ada tiga rumah sakit milik pemerintah daerah yang melaksanakannya di Kabupaten Sambas. Tolong para direktur laksanakan program mulia ini untuk betul-betul membantu masyarakat Kabupaten Sambas," katanya.  

"Karena sebagus apapun program yang kita luncurkan, jika tidak ada sinergitas antar petugas yang ada di rumah sakit maka tidak mungkin program ini bisa berjalan dengan baik," sambungnya.

Untuk itu, Satono berharap agar program Prosesar itu bisa dilakukan dan diaplikasikan dengan baik. 

"Ini tolong dilaksanakan dengan baik, demi mewujudkan Sambas baru berkemajuan. Dan kita berterimakasih kepada DPRD yang sudah mendukung pelaksanaan program ini," kata Bupati.


Setelah Launching, Pelayanan Berobat Gratis di Sambas Lansung Mulai 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, dr Fatah Maryunani mengatakan Program Prosesar yang baru saja dilaunching adalah sebagai upaya untuk mengcover kurang lebih 37 persen masyarakat Sambas yang belum terdaftar di JKN KIS. 

Hal ini kata dia, merupakan upaya Pemda untuk tetap memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan kepada masyarakat. 

"Pelayanan ini kita launching karena masyarakat kita yang terdaftar di JKN baru sekitar 63 persen. Karenanya perlu program untuk mencover masyarakat yang belum terdaftar di JKN," ujarnya. 

Selain itu lanjut Fattah, program kesehatan gratis ini juga merupakan satu diantara visi misi dari Bupati Sambas yang baru. 

"Dan ini juga adalah salah satu program unggulan dari Satono-Rofi. Dan bagaimanapun program ini mesti bisa dilaksanakan untuk bisa mengcover masyarakat yang belum terdaftar di JKN KIS," jelas dr Fatah. 

Pada tahap awal ini kata dia, Pemda sudah menyiapkan tiga rumah sakit milik pemerintah daerah yang akan digunakan untuk menerima dan merawat pasien kelas III. 

"Dan nanti untuk progam ini akan berlaku di di semua Rumah Sakit milik daerah yang ada di Kabupaten Sambas. Seperti RSUD Sambas, RSUD Pemangkat dan RS Pratama Teluk Keramat," katanya. 

Dia pun memastikan, setelah dilaunching dalam waktu dekat mesti sudah berjalan seperti yang diinginkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Sambas. 

"Intinya program ini yang kita laksanakan, besok mesti sudah berjalan. Dan jika ada kendala kita perbaiki, karena masyarakat kita yang tergolong kurang mampu mesti mendapatkan bantuan dan perhatian dari pemerintah daerah," tutup Fattah.

Share:
Komentar

Berita Terkini