Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan, Serahkan Alsintan Kepada Petani Sambas

Editor: Redaksi

 

Penyerahan alsintan oleh Daniel Johan kepada petani di Sambas

Sambasnews.com (SAMBAS)-Anggota DPR RI Daniel Johan bersama Bupati Sambas, H Satono dan Ketua Perhimpunan Penyuluh Pertanian (Perhiptani) Kalbar Mahendra Perdana melakukan penyerahan puluhan alat dan mesin pertanian kepada petani kabupaten Sambas, Sabtu (21/08) di halaman Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kabupaten Sambas

Daniel Johan yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dari Partai PKB mengatakan, pertanian dan perkebunan merupakan sektor yang menjadi masa depan Kalimantan Barat.

"Pertanian dan perkebunan itu adalah masa depan Indonesia dan khususnya Kalimantan Barat. Karena hampir dua ribu desa di Kalimantan sebagian besar kehidupannya berasal dari basis pertanian," ungkap Daniel Johan di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, Sabtu (21/8).

Bahkan kata Daniel Johan, pemerintah harus mampu memaksimalkan keberadaan fasilitas yang telah ada untuk menggenjot PAD.

"Kita sekarang punya pelabuhan kijing, masa kita tidak manfaatkan. Sekarang kita sudah ada pelabuhan sendiri, diharapkan seluruh produk pertanian termasuk sawit bisa meningkatkan PAD," ujarnya.

"Tinggal Provinsi dan Kabupaten merumuskan visi untuk membangun sektor pertanian di Kabupaten Sambas. Sehingga kita bisa menciptakan produk unggulan untuk Kalimantan Barat," sambungnya.

Daniel Johan juga mendorong modernisasi pertanian, tak hanya dari alat dan mesinnya, namun juga mesti terintegritas dengan digitalisasi.

"Digitalisasi pertanian kita dorong, ini sangat baru. Jadi saya mesti tahu apakah petani paham dengan manfaatnya dan siap tidak. Setelah di survei, baru nanti kita wujudkan setelah basis survei itu selesai," paparnya.

"Saya berharap bantuan alat dan mesin pertanian yang disalurkan pada hari ini bisa dimanfaatkan dengan baik, dipelihara dan dipergunakan sebaik-baiknya untuk meningkatkan hasil pertanian," pungkasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini