Awalnya Sebuah Gubuk Sederhana, Sekarang Vihara Thai Phak Pho Pho Matang Terap Jadi Bangunan Megah

Editor: Redaksi

 

Bupati Sambas H Satono bersama Wakapolres dan anggota DPRD kabupaten Sambas serta Camat dan pengurus Vihara Thai Phak Pho Pho usai peresmian vihara Tri Dharma Thai Phak Pho Pho Matang Terap


Sambasnews.com (JAWAI SELATAN)-Vihara Thai Phak Pho Pho Matang Terap yang diresmikan oleh Bupati Sambas H Satono, sebelumnya merupakan bangunan yang terbuat dari bahan kayu.

Ketua Panitia peresmian Vihara Thai Phak Pho Pho Matang Terap, Atong mengungkapkan, Vihara Thai Phak Pho Pho Matang Terap awalnya berupa gubuk sederhana.

"Sebelum di renovasi vihara Thai Phak Pho Pho Matang Terap, merupakan bangunan 4x6 meter berbahan bangunan dari kayu," ujar Atong saat menyampaikan sambutan di hadapan Bupati Sambas dan panitia lain dalam peresmian vihara Tri Dharma Thai Phak Pho Pho Matang Terap, Selasa.

Seiring perjalanan waktu lanjut Atong, bangunan tersebut menjadi lapuk dan tidak lagi mampu menampung umat yang semakin banyak.

"Terutama pada saat perayaan hari besar, seperti Imlek dan ulang tahun dan lain sebagainya," kata Atong.

Atas dasar itu, serta rasa prihatin melihat kondisi bangunan vihara tersebut. Dipaparkan oleh Atong, timbul inisiatif merenovasi Vihara Thai Phak Pho Pho Matang Terap.

"Dimulai dengan rasa keprihatinan atas bangunan yang tidak layak dan tidak memadai, timbul inisiatif Bapak Sumin (ketua pengurus vihara) dan kawan-kawan serta masyarakat Thionghoa dan umat Buddha kecamatan Jawai Selatan untuk merenovasi Vihara Thai Phak Pho Pho Matang Terap," papar Atong.

"Juga memperbesar ukuran dari 4x6 meter menjadi 9x12 meter, tahapan pembangunan vihara mulai dilaksanakan pada Mei 2019 dan selesai dibangun Agustus 2021," ungkap Atong.

Atas terealisasinya renovasi vihara Tri Dharma Thai Phak Pho Pho Matang Terap, Atong mengucapkan terima kasih kepada para donatur atas bantuannya.

"Saya ucapkan terimakasih kepada para donatur, para umat dan simpatisan yang telah memberikan bantuan berupa materi dan material bahan bangunan. Atau yang telah memberikan bantuan berupa tenaga dan pikiran, dalam melakukan renovasi vihara Tri Dharma Thai Phak Pho Pho Matang Terap," kata Atong. 

Atong juga mengungkapkan jika vihara Tri Dharma Thai Phak Pho Pho Matang Terap, merupakan Vihara satu-satunya yang terdapat di Kalimantan Barat.

Share:
Komentar

Berita Terkini